Rabu, 15 Mei 2019 11:39 WIB

China Blokir Total Wikipedia

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Wikipedia resmi diblokir secara keseluruhan oleh China. Foto: Telegraph Wikipedia resmi diblokir secara keseluruhan oleh China. Foto: Telegraph
Jakarta - China dilaporkan telah memperluas pemblokiran mereka terhadap Wikipedia. Hal ini diketahui dari temuan para peneliti sensor internet.

Kini, seluruh versi bahasa dari situs tersebut tak lagi bisa diakses di Negeri Tirai Bambu. Sebelumnya negara pimpinan Xi Jinping itu hanya memblokir Wikipedia versi Bahasa China saja.




Wikimedia, selaku organisasi di balik WIkipedia, mengaku tidak mendapat imbauan apa-apa dari pemerintah China. Mereka hanya dapat memastikan kebenaran dari temuan pada peneliti sensor internet tersebut.

"Pada akhir April, Wikimedia Foundation memastikan bahwa Wikipedia tak lagi bisa diakses di China. Setelah melakukan analisis lebih lanjut pada laporan trafik internal kami, kami dapat memastikan bahwa Wikipedia saat ini diblok pada seluruh versi bahasa," ujarnya, seperti detikINET kutip dari BBC, Rabu (15/5/2019).

China memang sempat beberapa kali dilaporkan memblokir Wikipedia. Bahkan, mereka juga punya situs serupa dengan platform tersebut.

Bernama The Encyclopaedia of China, situs tersebut fokus pada ilmu pengetahuan, budaya, sejarah, hingga pencapaian teknologi yang telah dilakukan di negara tersebut. Website itu mulai beroperasi pada 2018 lalu.




Selain China, Turki dan Venezuela juga melakukan hal yang sama. Secara berurutan, mereka memberlakukan pemblokiran tersebut pada 2017 dan 2018.

Lebih lanjut, pada 2014, Rusia juga mengumumkan versi alternatif dari Wikipedia. Niatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih baik mengenai negara pimpinan Vladimir Putin itu.



Tonton juga video Pesawat Raksasa Uji Coba Terbang di Bandara Megah Beijing:

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed