Selasa, 07 Mei 2019 06:00 WIB

Bitcoin Catatkan Nilai Terbaik dalam 6 Bulan, Mulai Baikan?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Bitcoin berhasil mencatatkan nilai terbaiknya dalam kurun enam bulan terakhir. Untuk pertama kalinya pada tahun ini, nilai cryptocurrency tersebut berhasil menembus angka USD 5.800 (Rp 83 juta) per kepingnya.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, nilainya terus naik turun di kisaran USD 5.600 - USD 5.800 pada akhir pekan lalu. Tren tersebut pun terus berlangsung hingga hari ini.



Terakhir kali momen Bitcoin sempat menembus nilai USD 5.800 terjadi pada 15 November 2018 lalu. Setelahnya, nilainya terus terjerembap hingga pernah berada di angka USD 3.200 per kepingnya.

Selain itu, kapitalisasi pasarnya pun juga untuk pertama kalinya menyentuh nilai USD 100 miliar tahun ini. Terakhir kali momen itu terjadi juga jatuh pada 15 November 2018 lalu.

Kini, sudah lebih dari 17 juta keping Bitcoin beredar di pasaran. Itu berarti, hanya tersisa kurang dari 4 juta keping yang tersedia dari stok totalnya yang cuma 21 juta keping.

Sejumlah analis memperkirakan, ini merupakan bagian dari tren peningkatan Bitcoin yang berlangsung sejak April lalu. Firma analisis aset digital Delphi Digital mengungkapkan sejumlah alasan mengapa fenomena itu bisa terjadi.

"Orang-orang yang sudah memegang Bitcoin lebih dari setahun sepanjang kemungkinan terendah Desember lalu termasuk di dalam 1% di dalam orang-orang yang sudah memegang Bitcoin lebih dari setahun pada siklus kemungkinan terendah sebelumnya pada Januari 2015," tuturnya.

"Minimnya penjualan datang dari para pemegang lama sepanjang periode konsolidasi dalam beberapa bulan terakhir. Faktanya, kami mulai melihat peningkatan yang tipis terhadap kepemilikan dari para pemegang lama yang konsisten dengan tren setelah siklus terendah sebelumnya," katanya menambahkan.

Bitcoin memang telah menjadi sorotan setelah sempat bernilai USD 20.000 per keping pada Desember 2017 lalu. Sayangnya, harganya terus turun setelah rekor yang terbilang mencengangkan tersebut.



Menarik untuk ditunggu apakah nilai Bitcoin akan terus meningkat mengikuti tren dalam beberapa waktu ke depan. Bukan tidak mungkin, ia bisa menyentuh, atau bahkan melewati rekornya yang terjadi lebih dari setahun lalu itu.


Tergiur Untung Besar, Banyak Warga Babel Tertipu Bitcoin:

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed