Minggu, 05 Mei 2019 06:45 WIB

Pendapatan Mencengangkan CEO Google Kelahiran India

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sundar Pichai. Foto: Getty Images Sundar Pichai. Foto: Getty Images
Jakarta - CEO Google, Sundar Pichai, memperoleh total pendapatan mencengangkan pada tahun 2018 silam. Yaitu senilai USD 470 juta atau di kisaran Rp 6,6 triliun.

Dikutip detikINET dari Fox News, gaji yang didapatkan CEO kelahiran India itu selama setahun sebenarnya 'hanya' USD 650 ribu. Tapi dia memperoleh bonus saham yang besar.

Jika dihitung per jam, pendapatan lelaki usia 46 tahun tersebut hanya mimpi bagi banyak orang. Apabila Sundar diasumsikan bekerja 40 jam seminggu pada 2018, maka duit yang dia peroleh tiap jam adalah USD 225.961.



Jabatan CEO di Amerika Serikat memang termasuk bergaji luar biasa besar. Menurut Economic Policy Institute, rata-rata CEO di Negeri Paman Sam menghasilkan kompensasi USD 15,6 juta atau 271 kali rata-rata karyawan AS biasa.

Sundar sendiri memiliki kisah hidup inspiratif. Dia dilahirkan di selatan kota Chennai, India. Dia tumbuh besar di apartemen dua kamar bersama orang tua dan saudara laki-lakinya.

Otaknya cemerlang sejak kecil. Ia berhasil masuk ke universitas bergengsi India, Indian Institute of Technology Kharagpur mengambil jurusan metalurgi. Sundar lulus tahun 1993 dengan nilai tinggi dan berhasil mendapatkan beasiswa S2 dari Stanford University.

Untuk ongkos ke Amerika Serikat, sang ayah rela menguras semua tabungannya. "Mereka memang melakukan banyak pengorbanan untuk memastikan anak-anaknya punya pendidikan yang baik," kenang Sundar.



Sundar berhasil meraih gelar M.S dari Stanford University dan gelar MBA dari University of Pennsylvania. Saat masa kuliah, dia pacaran dengan wanita bernama Anjali yang kini menjadi istrinya.

Pada tahun 2004, pria kalem ini melamar kerja di Google. Sejak diterima itulah, prestasinya selalu cemerlang sehingga akhirnya didapuk jadi CEO Google pada tahun 2015.


Pendapatan Mencengangkan CEO Google Kelahiran India
(fyk/fyk)