Kamis, 25 Apr 2019 11:25 WIB

Tik Tok Tak Lagi Diblokir di India

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Joe Scarnici/Getty Images Foto: Joe Scarnici/Getty Images
Jakarta - Pengadilan negara bagian di India memutuskan untuk mencabut pemblokiran Tik Tok. Keputusan ini diambil setelah pengembang Tik Tok, Bytedance, mengajukan banding.

Dalam keterangan resminya, juru bicara Tik Tok mengatakan bahwa keputusan tersebut disambut positif dan gembira oleh pihaknya dan juga para pengguna Tik Tok.

"Kami senang dengan keputusan itu dan kami percaya ini juga disambut hangat komunitas kami yang berkembang di India, yang menggunakan TikTok sebagai platform untuk menampilkan kreativitas mereka," katanya seperti dikutip detikINET dari Engadget, Kamis (25/4/2019).




"Kami sangat berterimakasih atas kesempatan untuk terus melayani pengguna kami dengan lebih baik," sambungnya.

Bulan April lalu pengadilan negara bagian Tamil Nadu memerintahkan pemerintah federal untuk melarang pengunduhan TikTok. Penyebabnya adalah aplikasi ini diduga digunakan untuk menyebarkan pornografi dan mengeksploitasi anak.




Google dan Apple juga mendapat instruksi dari Kementerian IT setempat untuk menarik TikTok dari Play Store dan App Store. Penarikan ini dimulai pada minggu lalu. Kini setelah keputusan pemblokiran dicabut, Kementerian IT akan meminta Google dan Apple untuk mengembalikan TikTok ke Play Store dan App Store.

Keputusan tersebut menjadi kemenangan tersendiri bagi Tik Tok dan Bytedance. India merupakan salah satu pasar terbesar bagi Tik Tok dengan jumlah pengguna mencapai 300 juta.

Sebelumnya, Bytedance sempat mengeluhkan pemblokiran yang juga berdampak pada kerugian finansial mencapai USD 500.000 atau sekitar Rp 7 miliar per harinya. Tidak hanya itu, mereka juga mengaku kehilangan hampir satu juta pengguna baru setiap harinya.






(vim/krs)