Jumat, 05 Apr 2019 12:00 WIB

Cerai Habiskan Ratusan Triliun, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos. Foto: Reuters Jeff Bezos. Foto: Reuters
Jakarta - Perceraian dengan istrinya, MacKenzie, membuat Jeff Bezos harus berbagi harta yang tak sedikit. Apakah dengan demikian sang pemilik Amazon tidak lagi orang terkaya di dunia?

Bezos awalnya memiliki 16,3% saham Amazon. Dengan kesepakatan ini, Bezos akan memiliki 75% dari jumlah tersebut, sisanya 25% jadi milik MacKenzie yang dinikahinya pada tahun 1993. Nilai saham yang dimiliki MacKenzie di kisaran USD 35 miliar atau Rp 495 triliun.

75% bagian saham Bezos itu berarti sekitar 59,1 juta lembar saham Amazon. Dan memang kekayaan Bezos jadi merosot jauh akibat kesepakatan perceraian dengan MacKenzie. Namun demikian, status Bezos sebagai manusia paling berharta di dunia ternyata belum goyah.




Dikutip detikINET dari Business Insider, berdasarkan harga saham Amazon terkini, kekayaan Bezos setelah cerai diestimasi sebanyak USD 107,4 miliar. Artinya masih lebih tinggi dibandingkan kekayaan Bill Gates di posisi runner up sebesar USD 96,5 miliar.

Tapi selisih mereka sekarang sudah sangat tipis. Jadi tidak menutup kemungkinan di masa depan, Bill Gates bisa kembali lagi meraih predikat orang paling kaya sejagat.

MacKenzie mengumumkan resminya perceraian dengan Bezos itu melalui Twitter. Ia pun menerangkan kesepakatan yang terjadi antara mereka untuk pisah secara baik-baik.




"Bersyukur menyelesaikan proses perceraian dengan Jeff dengan saling dukung satu sama lain dan setiap orang yang memperhatikan kami dengan kebaikan dan menatap ke tahap selanjutnya sebagai orang tua bersama dan teman," tulis Mackenzie.

"Bahagia memberikan dia semua sahamku di Washington Post dan Blue Origin dan 75% dari saham Amazon kami plus kontrol voting sahamku untuk mendukung kontribusi berkelanjutannya dengan tim di perusahaan luar biasa itu," tambah dia.




Simak juga video Ambisi Pendiri Amazon Buat Pemukiman 1 Triliun Manusia di Angkasa:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/krs)