Selasa, 19 Mar 2019 18:06 WIB

'Thinkubator Jawab Mimpi Milenial Indonesia'

Adi Fida Rahman - detikInet
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Muhammad Ridho) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Dewasa ini banyak anak muda di Tanah Air bermimpi startup yang dibangunnya kelak menjadi unicorn, bahkan menjelma decacorn. Berangkat dari sinilah kemudian Thinkubator dibesut agar mimpi-mimpi milenial di Indonesia dapat terwujud.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai inisator, mengatakan Thinkubator lahir dari diskus dengan CEO & Founder Grab Anthony Tan dan pegiat teknologi yang berasal dari berbagai negara ASEAN di sela-sela pertemuan World Economic Forum yang berlangsung di Davos pada Januari silam. Dia coba melontarkan pertanyaan apa yang bisa dibuat supaya startup Indonesia bisa berkembang.

"Dari situ tercetus gagasan membuat kompetisi startup. Saya langsung teringat pernah menginisiasi Hackathon waktu masih bertugas di KSP didukung instansi lain. Dari kompetisi programming itu malah kemudian muncul anak-anak muda yang sekarang punya bisnis senilai 2 juta dolar," ujar Luhut.

"Tercetuslah Thinkubator. Saya berharap di antara pesertanya nanti akan ada yang menjadi orang kaya. Tidak musti mereka yang berasal dari ibukota, tapi kalau bisa juga yang berasal dari timur Indonesia. Dengan begitu keinginan pemerintah dan Presiden khususnya untuk menciptakan pemerataan dalam bidang teknologi untuk para milenial, itu akan kesampaian," imbuhnya.

Thinkubator

Jika kamu tertarik dengan ajang Thinkubator ini bisa mendaftarkan diri serta mengunduh proposal ide di sini pada 5-21 Maret 2019. Kemudian akan ada proses seleksi online hingga 22 Maret 2019.

Nantinya sejumlah 150 startup yang terpilih berhak untuk mengikuti conference dan workshop bersama para expert di bidangnya pada 28 Maret 2019. Kemudian ada 6 peserta yang akan maju ke babak Final Live Pitch yang akan diperkenalkan kepada publik.

Para finalis akan berhadapan dengan juri yang akan menjadi investor mereka pada 29 Maret 2019 dan acara Live Pitch akan disiarkan langsung di Transmedia.

Thinkubator sendiri merupakan kompetisi startup yang diinisiasi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Grab pun menyambut baik imbauan ini dan menjadi Official Mobile Platform Partner

Lewat Thinkubator, pelaku startup berkesempatan mendapat bimbingan dan ilmu baru dari para praktisi startup dari berbagai bidang dalam suatu konferensi, diskusi dan workshop.

Thinkubator memberikan kesempatan untuk para startup yang ingin melangkah lebih jauh dalam memajukan usaha dan membuat impian mereka menjadi nyata, membuka koneksi, mendapatkan bimbingan dari para ahli, serta menerima pendanaan untuk startup.

"Segera daftarkan proposalmu ke https://thinkubator.detik.com paling akhir 21 Maret 2019," ajak Luhut.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed