Senin, 04 Mar 2019 20:06 WIB

Edukasi Perempuan Melek Digital, Kominfo Bikin Pojok Pintar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Peresmian Pojok Pintar. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Peresmian Pojok Pintar. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Guna mendorong perempuan Indonesia agar lebih melek digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng XL Axiata (XL) dengan menghadirkan fasilitas Pojok Pintar melalui program Sisternet.

Berlokasi di sudut ruang press room Kominfo, Pojok Pintar yang mencolok dengan warna pink ini dirancang sebagai 'rumah singgah' bagi perempuan untuk belajar, berbagi, dan memperluas wawasan mengenai berbagai isu pemberdayaan perempuan dan peluang sosial ekonomi dengan memanfaatkan teknologi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Nike Widiastuti menuturkan, selain pengguna internet dari kalangan kaum hawa masih kalah jauh dari laki-laki, perempuan juga dinilai tak mudah untuk 'mendigitalisasikan' diri.

Mengutip dari hasil riset yang dilakukan Google, Niken menyebutkan bahwa 53% perempuan tidak menemukan informasi-informasi yang mereka butuhkan.




"Dan dari sinilah peluang dari Sisternet bisa memberikan asupan informasi yang sesuai dibutuhkan kaum perempuan. Sekaligus mencegah penyebaran hoax, belajar untuk saring sebelum sharing dengan menjadi perempuan yang cerdas dan melek teknologi digital," tutur Niken di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Di kesempatan yang sama, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan, sekarang ini akses terhadap informasi maupun edukasi lebih sedikit. Sedangkan, jaringan data sudah merata di berbagai wilayah.

"Kami melihat bahwa ini adalah kesempatan yang baik bagi perempuan Indonesia untuk melek digital karena riset yang kami buat sebelumnya, dibandingkan kaum lelaki, perempuan terhadap digital itu tidak terlalu mudah, sehingga kita harus terus lakukan edukasi," kata Yessie.
Edukasi Perempuan Melek Digital, Kominfo Bikin Pojok PintarPojok Pintar. Foto: Agus Tri Haryanto/inet

Kelas Gratis untuk Perempuan

Pojok Pintar yang pertama ini bertempat di kantor Kementerian Kominfo, Jl. Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat. Sejumlah aktivitas telah disiapkan di Pojok Pintar. Setiap bulannya akan ada kelas "Sister Berbicara" dengan beragam materi yang diajarkan seperti digital parenting, kewirausahaan, literasi digital, dan fotografi jurnalistik.

Disebutkan bahwa setiap materi akan dibawakan oleh seorang ahli di bidang terkait yang akan memandu peserta untuk mengetahui lebih dalam setiap tema, termasuk bagaimana memanfaatkan sarana digital untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkait dengan materi yang telah dipelajari.


Video: Cara Kominfo Bikin Perempuan Indonesia Makin Melek Digital

[Gambas:Video 20detik]



Kelas tersebut akan berlangsung tiap bulan dan terbuka bagi perempuan dari masyarakat umum, tanpa biaya. Untuk mengikuti kelas-kelas yang tersedia, masyarakat perlu terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota Sisternet di www.sisternet.co.id/login. Aktivitas di Pojok Pintar sudah bisa diakses masyarakat mulai 4 Maret 2019.



Informasi terkait dengan program Pojok Pintar dan Sisternet bisa langsung diperoleh melalui saluran digital Instagram @Sisternetid @kemenkominfo atau ke website sisternet.

Sisternet merupakan program yang diinisiasi oleh XL sebagai dukungan kepada kaum perempuan Indonesia untuk bisa memanfaatkan sarana teknologi guna meningkatkan kualitas hidup diri, keluarga, dan lingkungan sekeliling. Sisternet memiliki kurang lebih 14 ribu member, menyediakan beragam materi belajar yang bisa diakses secara digital dan tatap muka. (fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed