Rabu, 20 Feb 2019 15:52 WIB

Pengguna Internet RI Diprediksi Hanya Tumbuh 4%

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi pengguna internet. Foto: Thinkstock Ilustrasi pengguna internet. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pertumbuhan Pengguna internet Indonesia pada tahun 2018 diprediksi tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun 2018 diperkirakan hanya tumbuh sampai 4%.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang tiap tahun melaporkan jumlah pengguna internet tengah merampungkan survei tersebut. Diharapkan, survei pengguna internet tahun 2018 dapat dirilis pada akhir Maret 2019.

Ketua APJII, Jamalul Izza, memprediksi bahwa dibandingkan pada tahun 2017, pengguna internet di tahun 2018 hanya tumbuh di sekitar 3-4%. Sebagai informasi, berdasarkan survei tahun 2017, ada 143 juta orang yang terhubung dengan dunia maya di Indonesia.



"Paling naiknya kurang dari 5%, sekitar 3-4% naiknya kalau menurut saya," ujar Jamalul ditemui di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Jamalul mengatakan bahwa penyebaran 4G yang dilakukan operator seluler belum menyentuh semua masyarakat Indonesia. Angka pengguna internet ini juga kebanyakan dari kalangan anak muda, di mana orang tua tak terlalu membutuhkan koneksi internet.

Di 2018, Pengguna Internet RI Diprediksikan Hanya Tumbuh 4%Ketua APJII Jamalul Izza memprediksikan jumlah pengguna intenret Indonesia untuk tahun 2018. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Namun, Jamalul mengungkapkan, masyarakat Indonesia akan semakin tersentuh dengan internet pada tahun 2019. Sebab, segala infrastruktur telekomunikasi atau tepatnya akses jaringan internet cepat sudah menyebar merata di seluruh Tanah Air.



"Tahun 2019 itu bakal tinggi (pengguna internetnya) karena Palapa Ring, interkoneksi, infrastruktur sudah selesai. Itu bakal membuat pengguna internet lebih tinggi dibandingkan tahun 2018," tuturnya.

Mengenai pemanfaatan internetnya sendiri, Jamalul melihat kalau media sosial menjadi tujuan utama orang untuk mengakses internet. Setelah itu, kebutuhan belanja online alias e-Commerce yang makin ke sini kian dimanfaatkan oleh orang-orang.


Tonton juga video Kini Perbatasan Indonesia Bisa Menikmati Internet:

[Gambas:Video 20detik]


Pengguna Internet RI Diprediksi Hanya Tumbuh 4%
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed