Sabtu, 16 Feb 2019 22:38 WIB

Situs Ini Bisa Bikin Wajah Palsu Tiap 2 Detik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Potret wajah-wajah hasil buatan kecerdasan buatan. Foto: Screenshot ThisPersonDoesNotExist Potret wajah-wajah hasil buatan kecerdasan buatan. Foto: Screenshot ThisPersonDoesNotExist
Jakarta - Kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI), dipakai untuk membuat wajah manusia? Mungkin terdengar biasa. Kalau misalnya AI ditanam di dalam website lalu menciptakan muka manusia baru tiap dua detik? Ini baru menarik perhatian.

Itulah yang dilakukan Phillip Wang melalui situs ThisPersonDoesNotExist. Wang membuat situs tersebut dan melengkapinya dengan AI yang bertugas untuk menciptakan wajah palsu dengan berbagai variasi yang seringkali sangat mirip dengan wajah manusia asli.


AI ini menggunakan generative adversarial network buatan Nvidia, yaitu ketika algoritma diadu antara satu dan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasilnya. Wajah palsu itu sendiri dibuat berdasarkan katalog foto yang aslinya digunakan untuk materi berlatih.

Hasil AI ini memang tak selalu sempurna, namun ketika berhasil maka wajah yang dihasilkan sangatlah realistis, dan sulit untuk dibedakan dengan wajah asli orang. Lebih hebatnya, proses ini pun tak membutuhkan banyak kekuatan komputasi.


Menurut Wan, ia menggunakan GPU Nvidia yang terpasang di server sewaan. Hasilnya? AI ini bisa membuat sebuah wajah setiap dua detik, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Sabtu (16/2/2019).

Sekadar info, tampilan situs ini sama dengan situasi saat kita membuka gambar di browser. Untuk melihat wajah lainnya, user harus me-refresh website tersebut.

Teknologi Nvidia ini sebenarnya tak terbatas pada wajah. Beberapa bentuk yang sudah berhasil dicoba adalah mobil, kucing, dan bahkan kamar tidur. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed