Selasa, 05 Feb 2019 18:54 WIB

Misteri Terpecahkan, Cerita Penjual Gorengan Soal Spanduk Warungnya yang Viral

Rachmatunnisa, Shinta Angriyana - detikInet
Spanduk di warung gorengan yang bikin netizen penasaran. Foto: Shinta Angriyana/detikINET Spanduk di warung gorengan yang bikin netizen penasaran. Foto: Shinta Angriyana/detikINET
Ciputat, Tangsel - Penjual gorengan yang viral karena spanduk yang bikin penasaran, mengaku kaget bercampur senang warung dagangannya dibicarakan netizen.

Adalah Apin (69) dan Apen (45), warga Buaran, Serua, pemilik warung gorengan tersebut. Warung ini diketahui berlokasi di samping Kelurahan Serua, Ciputat, Tangerang Selatan.

Sudah lima tahun mereka berjualan di warung ini. Sebelumnya, keduanya berjualan gorengan dengan berkeliling membawa pikulan selama kurang lebih 20 tahun.



"Wah malah nggak tau saya. Seperti biasanya aja. Malah nggak tau kalau ada rame-rame di internet begitu," kata Apen polos, saat ditemui di warung tempatnya berjualan.

Suaminya, Apin, membenarkan ucapan istrinya. Sambil melayani pembeli, dia kemudian menjelaskan spanduk 'misterius' yang memancing rasa penasaran netizen.

Dikatakan Apin, spanduk awalnya dibuat untuk melindungi gorengan yang dijualnya agar tidak terkena air saat hujan.

Apin dan Apen sudah 20 tahun berjualan gorengan. Apin dan Apen sudah 20 tahun berjualan gorengan. Foto: Shinta Angriyana/detikINET


"Biar nggak tampias aja kalau hujan. Takutnya kan gorengan pada basah, dibikin deh tuh," terang Apin.

Namun ternyata, spanduk ini terlalu panjang jika dibiarkan menjuntai hingga bawah. Maka, spanduk itu pun dilipat sesuai kebutuhan.

"Biar gorengannya keliatan jadi gak kepanjangan juga, tuh lebih kelihatan," ujarnya sambil menunjuk spanduk.

Kocaknya, spanduk yang terlipat ini jadi bahan keisengan netizen. Karena dilipat, spanduk tersebut menampilkan tulisan yang serasa 'menggantung' perasaan yang melihatnya yakni, 'Sedia: Bermacam-macam Gorengan Dan'.

Kata 'Dan' yang seperti kalimat belum selesai itu, menggelitik rasa penasaran pemilik akun Twitter @erwinbimasakti mempostingnya dan akhirnya menjadi viral.


"Saya sih cuma minta sama tukang spanduknya dibikinin yang agak gede. Tulisannya yang penting jualan gorengan aja lah. Pokoknya kelihatan," Apen menanggapi.

Dilihat detikINET, kelanjutan 'Dan' pada spanduk yang terlipat itu ternyata: 'Terima Pesanan'. Jadi, kalimat lengkap pada spanduk tersebut adalah 'Sedia: Bermacam-macam Gorengan Dan Terima Pesanan'. Misteri terpecahkan!

Mengetahui warungnya ramai dibicarakan orang, Apin berterima kasih kepada orang-orang yang ikut membuat warungnya jadi dikenal.

"Wah malah beruntung, asalkan orang kenal ya syukur. Malah jadi kenalan kan sekarang. Asalkan sih semua kan senang aja ya, jadi senang orang-orang yang lewat," ucapnya.

Kelanjutannya adalah 'Dan Menerima Pesanan' Kelanjutan tulisan spanduknya adalah 'Dan Menerima Pesanan' Foto: Shinta Angriyana/detikINET


Sementara itu, Erwin si 'pelaku' yang pertama kali memposting tentang warung gorengan itu pun tidak menyangka keisengannya ditanggapi banyak orang.

"Pas saya pulang kantor lewat Serua itu kan emang macet banget. Jadi lebih perhatian aja sama jalanan sekitar. Terus pas lagi macet di depan penjual gorengannya, langsung foto aja deh karena lucu juga kan mikirnya kalo kalimatnya ga selesai gitu," cerita Erwin.

Dia mengaku tak kalah senangnya mengetahui postingannya tak sekadar menjadi tweet iseng yang numpang lewat, tetapi menghibur orang dan membuat senang suami istri penjual gorengan tersebut.



"Semoga sehat selalu dan diberikan kelimpahan rezeki sama Allah. Semoga dagangannya laku terus ya," harap Erwin.

Nah, gimana? Jangan penasaran lagi ya. (sna/rns)