Senin, 04 Feb 2019 15:27 WIB

CEO Twitter Jelaskan Cara Kerja Fitur Edit Cuitan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Anushree Fadnavis/Reuters Foto: Anushree Fadnavis/Reuters
Jakarta - Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada CEO Twitter Jack Dorsey adalah kapan fitur edit tweet akan hadir di platform-nya. Bahkan, Kim Kardashian pun pernah menanyakan pertanyaan ini langsung kepada Dorsey.

Saat menjadi bintang tamu di acara podcast milik komedian Joe Rogan, Dorsey pun menjelaskan bagaimana cara kerja fitur edit cuitan tersebut jika kelak benar-benar hadir di Twitter.

Dorsey menyebut bahwa pengguna nantinya akan memiliki jeda waktu yang singkat untuk dapat mengedit cuitannya, sekitar 5 hingga 30 detik. Jeda waktu singkat ini perlu untuk membuat cuitan tidak kehilangan sifat real time-nya.




"Dan dalam jeda tersebut kalian bisa mengedit. Masalah dari jeda waktu yang lebih lama adalah itu menghilangkan sifat real-time dari percakapan tersebut," jelas Dorsey seperti dikutip detikINET dari Mashable, Senin (4/2/2019).

Ia menambahkan bahwa Twitter sedang mencari cara untuk membuat cuitan yang asli dan belum diedit untuk tetap dapat dilihat oleh pengguna. Dorsey juga mengatakan bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk memberi kemampuan mengedit cuitan tergantung pada konteks cuitan.




Dorsey menjelaskan bahwa fungsi Twitter dibentuk berdasarkan fungsi SMS. Hal itulah yang menjadi alasan bagi Twitter untuk tidak memiliki fitur edit sejak awal.

"Ketika kalian sudah mengirim SMS, kalian tidak bisa menariknya kembali. Jadi ketika kalian mengirim cuitan itu langsung menyebar ke seluruh dunia secara instan. Kalian tidak bisa menariknya kembali," jelasnya.

Fitur edit memang belum dipastikan akan benar-benar hadir di Twitter. Tapi setidaknya penjelasan Dorsey ini memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai strategi Twitter dalam merencanakan fitur tersebut.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed