Selasa, 22 Jan 2019 22:47 WIB

Sudah Tahu? Bulan Ini Drone Sukses Uji Coba Kirim Barang di Indonesia

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: dok. JD.ID Foto: dok. JD.ID
Jakarta - Proses pengiriman barang di Indonesia kelak mungkin akan segera mengikutsertakan opsi via drone. Pengujian untuk melakukan hal tersebut setidaknya sudah sukses dilakukan pada bulan ini.

Adalah JD.com yang mengumumkan kesuksesan melakukan uji coba penerbangan drone untuk pengiriman barang, secara resmi dan pertama kalinya di Indonesia. Pengujian dilakukan di kawasan Jawa Barat pada 8 Januari lalu. Dalam uji coba tersebut salah satu peritel besar China itu menggunakan drone untuk mengirim tas ransel dan buku-buku sebagai simbol donasi dengan rute dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles.

Uji coba pengiriman barang dengan drone itu disebut menggunakan JDrone seri Y3, yang mampu membawa muatan hingga 10 kg dan menempuh jarak sepanjang 10 km per charge dengan kecepatan maksimum 72 km per jam.

Sudah Tahu? Bulan Ini Drone Sukses Uji Coba Kirim Barang di IndonesiaFoto: dok. JD.ID

Kesuksesan uji coba ini diklaim membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Kesuksesan uji coba itu pun ikut diumumkan Kepala Drones and Tomorrow's Airspace Timothy Reuter pada Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang berlangsung di Davos, Swiss, 22-25 Januari 2019.

"Berbagai uji coba terbang drone ini adalah peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin di kawasan Asia Tenggara dengan memanfaatkan pengiriman drone untuk meningkatkan akses ke peralatan medis, kemanusiaan, dan produk-produk komersil yang penting di daerah terpencil," jelas Timothy Reuter dalam siaran pers JD.com.

Sudah Tahu? Bulan Ini Drone Sukses Uji Coba Kirim Barang di IndonesiaFoto: dok. JD.ID

JD.com adalah mitra strategis WEF dan mitra Centre for the Fourth Industrial Revolution (C4IR), pusat global untuk kerja sama berbagai pemangku kepentingan dalam mengembangkan kerangka kerja kebijakan dan memajukan kolaborasi yang mempercepat pemanfaatan sains dan teknologi. Memanfaatkan teknologi drone untuk mengirim pasokan ke daerah-daerah yang membutuhkan adalah prioritas utama agenda C4IR.

Di Indonesia sendiri, JD.com bermitra secara joint venture dengan perusahaan e-commerce, JD.ID, yang sudah memulai operasi e-commerce di Indonesia sejak 2016.

Sudah Tahu? Bulan Ini Drone Sukses Uji Coba Kirim Barang di IndonesiaFoto: dok. JD.ID


"Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta," kata CEO JD.ID Zhang Li.

Ditambahkan bahwa uji coba terbang drone oleh JD.com itu turut terselenggara berkat adanya dukungan dari Pemerintah Indonesia termasuk lembaga/organisasi terkait yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, TNI AU, Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (atau yang umum dikenal dengan Air Navigation atau AirNav Indonesia), Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), dan Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA).


(krs/krs)