Minggu, 30 Des 2018 23:22 WIB

Breeno, 'Asisten' Jagoan Oppo untuk Saingan dengan Siri cs

Kris Fathoni W - detikInet
Breeno, asisten digital dari Oppo. (Foto: Oppo via Gizmochina) Breeno, asisten digital dari Oppo. (Foto: Oppo via Gizmochina)
Jakarta - Oppo baru saja memperkenalkan Breeno untuk meramaikan persaingan asisten digital, atau juga sering disebut asisten virtual, di smartphone. Kelahiran Breeno diiringi ekspektasi besar dari Oppo.

Breeno diperkenakan dalam acara Konferensi Pengembang Oppo yang dihelat di China pada tengah pekan lalu. Introduksi voice assistant anyar ini dilakukan oleh Wu Hengang, wakil presiden Oppo sekaligus presiden divisi software engineering perusahaan itu.




Seperti dikutip detikINET dari Gizmochina, Breeno diklaim sebagai asisten digital yang mengintegrasikan pemahaman, pengambilan keputusan, dan kemampuan untuk belajar melalui interaksi alamiah. Oppo berharap Breeno kelak menjadi fondasi universal pengembangan ekosistem Internet of Things (IoT) yang mereka lakukan.

Breeno sendiri disebut terdiri dari 7 modul seperti saran (advice), pengenalan layar (screen recognition), kesadaran (awareness), kecepatan (speed), suara (voice), mengemudi (driving), dan ruang (space).




Sebagai contoh, ketika pengguna smartphone Oppo sedang berada di bandara maka Beeno secara otomatis akan memberi saran soal informasi waktu boarding pesawat. Informasi penerbangan juga bakal muncul di bagian bawah layar.

Menurut Hengang, Breeno bakal tersedia secara wujud open platform sehingga para pengembang bisa memaksimalkan kemampuan dari kecerdasan buatan, atau Artificial Intelligence (AI), itu. Di masa depan Oppo juga akan membuat Breeno bisa dipakai beragam merek ponsel.




Sementara AndroidAuthority mencatat, Breeno baru akan tersedia di China untuk bersaing dengan asisten digital lain yang sudah lebih dulu eksis di sana termasuk AliGenie-nya Alibaba, DuerOS dari Baidu, dan Xiaoai besutan Xiaomi.

Kehadiran Breeno turut menambah persaingan asisten digital sejenis di smartphone, setelah sebelumnya di antara lain sudah ada Bixby (Samsung), XiaoAi (Xiaomi), Siri (Apple), dan tentu saja Google Assistant dari Google.





-----

Kamu berpeluang mendapatkan ponsel flagship Oppo, Oppo Find X, di aplikasi Grab dengan bermodal 50 Poin GrabRewards. Baca selengkapnya di sini.

(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed