Sabtu, 15 Des 2018 12:23 WIB

Sederet Rencana Bos Google Indonesia yang Baru

Adi Fida Rahman - detikInet
Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf Foto: 20detik Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf Foto: 20detik
Jakarta - Randy Jusuf resmi memimpin Google Indonesia sejak Oktober lalu. Sederet rencana telah disiapkannya demi memajukan ekonomi digital di Tanah Air.

Berdasar riset yang dilakukan Google dan Temasek, ekonomi digital Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan pada 2025, angkanya diproyeksikan mencapai USD 100 miliar atau sekitar Rp 1.448 triliun.

Untuk memajukan ekonomi digital Indonesia, banyak hal yang akan Google lakukan. Tidak hanya merilis produk, raksasa pencarian internet ini akan melakukan sejumlah aktivitas.



Disebutkan Randy, Google merilis produk-produk yang cocok untuk pengguna di Indonesia. YouTube Go salah satunya. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mengatur ukuran video yang akan disaksikannya.

"Supaya tidak menghabiskan banyak kuota," katanya saat ditemui di kantor Google Indonesia beberapa waktu lalu.

Google Indonesia pun berupaya membantu komunitas developer. Mereka menggelar pelatihan coding di 12 kota di Tanah Air. Hingga saat ini, lebih dari 100 ribu developer telah dilatih.

Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) turut pula dilatih. Kata Randy, ini penting dilakukan sebab UKM berkontribusi setengah dari PDB Indonesia, namun mereka belum sepenuhnya online.

Google memberikan pelatihan untuk pelaku UKM agar terjun ke online. Tips dan materi pengajaran dibuat praktis, mulai dari bagaimana membuat website, memasukkan informasi ke Google Maps hingga memaksimalkan media sosial.

"Kami baru saja mengumumkan sudah melatih 1 juta pelaku UKM. Hasilnya cukup bagus, 90% yang mengikuti pelatihan ini sudah masuk ke online. Sebanyak 60% dari jumlah itu mengaku mengalami kemajuan bisnisnya," kata pria berkacamata ini.

Kesuksesan produk dan aktivitas yang dibuat Google akan dilanjutkan kembali di 2019, ditambah sejumlah program baru yang akan bantu meningkatkan ekonomi digital Indonesia.



"Progam yang telah berjalan cukup bagus, kami terus melanjutkannya di 2019. Kami akan terus melihat apakah ada program yang relevan untuk dihadirkan di Indonesia. Tentu saja terus membantu seluruh ekosistem ekonomi digital Indonesia, dari sisi UKM, developer dan lain-lain," papar Randy.

"Harapan saya kita dapat terus mau ke depan untuk majukan internet economy di 2019," tegasnya.


Simak video 'Yuk Kenalan Sama Bos Baru Google Indonesia!':

[Gambas:Video 20detik]

Sederet Rencana Bos Google Indonesia yang Baru
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed