Kamis, 06 Des 2018 14:10 WIB

Google Matikan Allo?

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi Google Allo (Foto: internet) Ilustrasi Google Allo (Foto: internet)
Jakarta - Berdasarkan laporan 9to5Google yang dikutip detikINET, Kamis (6/12/2018), salah satu aplikasi messaging milik sang raksasa internet ini akan segera pensiun dini. Disebut pensiun dini, karena umurnya terbilang pendek.

Untuk diketahui, Allo diumumkan Google pada ajang developer conference Mei 2016. Lambatnya jumlah adopsi pengguna, membuat Google memutuskan untuk menghentikan sementara investasinya pada aplikasi ini.

Lama tak terdengar, muncul kabar Allo akan dimatikan. Namun Google belum memberikan komentar apapun terkait laporan ini.


"Produk ini secara keseluruhan tidak mencapai level yang diharapkan," sebut Vice President of Product Googlen Anil Sabharwal.

Sebelumnya, Google disebut akan mematikan Hangouts. Namun kabar ini segera dibantah Google yang menyebutkan brand Hangouts masih akan ada di Hangouts Chat di G Suite dan layanan Hangouts Meet yang menyasar kalangan bisnis.


Google kini diketahui merilik Rich Communication Services (RCS) baru, yang sebenarnya merupakan standar 'chat' yang memungkinkan sejumlah fungsi seperti membuat group messages, mentransfer file berukuran besar, notifikasi pesan sudah dibaca, dan banyak lagi fitur lainnya yang sudah diterapkan di banyak aplikasi pesan instant serupa.

Pada dasarnya, ini adalah standar yang lebih unggul dari standar SMS lama, dan diharapkan bisa menghadirkan fungsi messaging lintas platform. Beberapa perusahaan diam-diam juga sudah berencana menggunakan RCS baru, yakni Apple. Adopsi ini nantinya memungkinkan messaging lintas platform di antara pengguna di platform Apple dan Android. (jsn/jsn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed