Jumat, 30 Nov 2018 09:15 WIB

Laporan dari Australia

Startup Ini Tawarkan Sistem Belajar Anti Mainstream

Gibran Maulana Ibrahim - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Sydney - Startup di Australia ini menawarkan cara belajar yang antimainstream lewat sebuah platform ciptaan mereka. Seperti apa?

detikINET yang diundang Kedubes Australia di Jakarta dalam Digital Indonesian Media Visit berkesempatan mengunjungi Momentum Cloud, startup yang dimaksud itu. Aaron Hughes, co-founder Momentum Cloud menjelaskan sedikit mengenai latar belakang mereka menciptakan platform itu.

Platform bernama Goalhub itu disebutnya dapat membuat sekolah lebih efisien dan efektif dalam mengumpulkan data, sistem ajar-mengajar antara siswa dan guru, dan lainnya.



"Jadi, dalam sistem pembelajaran terindustrialisasi yang sudah lama dikenal, kita membuat kurikulum, kita mengajarkan kurikulum tersebut, kita menguji sesuai kurikulum dan kita membuat laporan. Kita menghasilkan laporan informatif untuk mengetahui halangan siswa untuk berkembang dalam negara maju seperti ini. Saya yakin Indonesia juga punya model pembelajaran yang sama," kata Aaron Hughes di kantornya, Sydney, Australia.

"Namun, kami menemukan bahwa sistem ini semakin berevolusi. Ada kesempatan dan kebutuhan untuk membuat pembelajaran berbeda (differentiating learning) saat lebih melibatkan semua pihak, lebih fokus dan membuat mereka berprestasi," katanya.

Lewat Goalhub, Momentum Cloud menawarkan sistem pembelajaran dan administrasi sekolah yang lebih modern. Platform ini memungkinkan individu untuk menentukan jalur pendidikan, pelatihan, dan pekerjaan mereka dengan menetapkan tujuan, pembelajaran pribadi hingga perencanaan.

Aaron Hughes, co-founder Momentum Cloud Aaron Hughes, co-founder Momentum Cloud Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET


Tentunya, individu tetap akan mendapat pembinaan hingga pendampingan dari mentor, guru hingga pelatih. Mereka tetap terhubung dengan keluarga hingga teman sekelasnya.

"Apa yang ingin Anda (siswa) capai tahun ini, apa tujuanmu, apa yang ingin Anda pelajari. Dengan memiliki platform (Goalhub), tujuan-tujuan tersebut dapat direkam dan dipecah, dicocokkan dengan kurikulum sehingga sebagai seorang pendidik, saya dapat mengetahui motivasi intrinsik dari seorang individu dan kemudian saya dapat menyelaraskan kurikulum di kelas yang mendukung orang muda termotivasi untuk belajar," beber Aaron Hughes.

Goalhub tak mematikan interaksi antara pendidik dengan anak didiknya. Di platform tersebut, anak didik tetap harus melaporkan perkembangan dari target capaian mereka, dalam hal ini laporan soal sejauh mana perkembangan pencapaian target dari anak didik itu.


Mentor atau pembimbing dalam platform itu tentunya bisa memantau perkembangan capaian target anak didiknya. Mentor juga akan memberi penilaian.

"Mereka (individual dalam Goalhub) masih memiliki laporan mereka," sebutnya.

Momentum Cloud juga mempunyai simulasi virtual reality (VR) untuk menunjang sistem pembelajaran modern itu.

Startup Ini Tawarkan Sistem Belajar Anti Mainstream
(gbr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed