Senin, 19 Nov 2018 10:42 WIB

Stiker WhatsApp Disalahgunakan Kelompok Neo Nazi

vim - detikInet
WhatsApp. Foto: BBC Magazine WhatsApp. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Kelompok Neo-Nazi di Jerman rupanya memiliki cara baru untuk menyebarkan pesan anti-Semit. Mereka memanfaatkan aplikasi pembuat stiker WhatsApp untuk membuat dan membagikan stiker dengan simbol Nazi.

Stiker-stiker tersebut menggunakan berbagai simbol Nazi seperti swastika, simbol SS, dan foto Adolf Hitler.



Jewish Forum for Democracy and Against Anti-Semitism (JFDA) yang berbasis di Jerman pertama kali melaporkan adanya tren ini dalam sebuah cuitan. Mereka juga meminta WhatsApp untuk menghentikan penyebaran simbol-simbol tersebut.

"Setelah WhatsApp memungkinkan untuk membuat dan menggunakan stiker, kelompok sayap kanan ekstrim membanjiri group chat mereka dengan simbol Nazi yang penuh kebencian," kata JFDA dalam cuitannya, seperti dikutip detikINET dari DW, Senin (19/11/2018).




Penggunaan simbol Nazi seperti Swastika dan simbol SS di ruang publik sendiri telah dilarang di Jerman sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua. Hukum di Jerman menganggap mereka sebagai simbol dari organisasi anti-konstitusional.



WhatsApp sendiri mengecam penyebaran stiker Nazi ini di platform-nya. Mereka pun meminta pengguna yang menemukan stiker tersebut untuk melaporkannya.

"Stiker anti-Semit ini tidak dapat diterima dan kami tidak menginginkannya di WhatsApp. Kami mengutuk bentuk kebencian ini," kata juru bicara WhatsApp kepada harian Jerman, Bild.

"Jika pengguna mendapatkan stiker dengan konten ilegal, kami meminta mereka untuk melaporkannya. Kami akan bertindak dengan sesuai terhadap pelanggaran tersebut, bahkan sampai memblokir akun yang mengirimkannya," pungkasnya.



Tonton juga 'Wah! Apple Hapus Aplikasi Stiker WhatsApp?':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed