Facebook Mulai Rilis Fitur Unsend, Begini Cara Kerjanya

Facebook Mulai Rilis Fitur Unsend, Begini Cara Kerjanya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Nov 2018 10:15 WIB
Facebook mulai merilis fitur Unsend untuk Messenger (Foto: istimewa)
Jakarta - Fitur unsend untuk menghapus pesan di Facebook Messenger secara permanen kini secara perlahan mulai digulirkan. Fitur yang secara formal disebut 'Remove for Everyone' ini mulai tersedia di Polandia, Bolivia, Kolombia dan Lithuania di versi iOS dan Android serta akan tersedia secara global dalam waktu dekat.

Fitur ini dapat digunakan untuk menghapus berbagai bentuk pesan, termasuk teks, foto, video, chat grup dan masih banyak lagi. Tapi, Facebook memberikan batasan pesan hanya bisa dihapus dalam waktu 10 menit setelah dikirim.

"Kami melihat bagaimana fungsi tombol delete yang sudah ada bekerja. Ternyata, ketika orang menghapus pesan karena ada kesalahan atau mereka mengirimkan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin dikirim, itu di bawah satu menit," jelas Head of Messenger Facebook, Stan Chudnovsky, dilansir detikINET dari Tech Crunch, Kamis (15/11/2018).

"Kami memutuskan untuk memperpanjangnya ke 10 menit, tapi memutuskan kita tidak ingin memperpanjang lebih lama," sambungnya.



Cara kerja fitur ini sendiri sangat mudah. Pengguna Messenger cukup tap dan menekan lama pesan yang ingin dihapus, kemudian pilih opsi Remove. Kemudian pilih opsi Remove for Everyone untuk menghapus pesan tersebut di chat box pengirim sekaligus penerima.

Pesan yang telah dihapus kemudian ditandai dengan teks yang bertuliskan '(user) removed a message' yang akan muncul di lokasi pesan yang dihapus tersebut.

Alasan lain mengapa Facebook membatasi waktu penghapusan ini dalam 10 menit karena mereka ingin mencegah fitur ini disalahgunakan oleh orang jahat yang ingin menghapus jejak mereka. Untuk itu, penerima pesan bisa melaporkan pesan yang dihapus karena penyalahgunaan atau lainnya.

Caranya dengan tap nama pengirim pesan tersebut, kemudian pilih opsi Something's Wrong. Setelah itu pilih kategori bagaimana mereka menyalahgunakan fitur ini misalnya pelecehan atau berpura-pura sebagai orang lain.




Facebook juga saat ini sedang mengembangkan fitur untuk menetapkan tanggal kadaluarsa untuk thread percakapan. Sehingga setelah tanggal tersebut, thread tersebut akan dihapus secara otomatis

"Jika saya ingin menghapus semua pesan setelah enam bulan, mereka bisa dihapus. Ini merupakan sesuatu yang dapat diatur pada setiap thread," pungkas Chudnovsky.




Tonton juga 'Cara Facebook Saring Konten Negatif pada Akun Grup':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)