Kamis, 15 Nov 2018 14:11 WIB

Inncreativation

71% Gen X Pelajari Sesuatu yang Baru di YouTube

Hilda Meilisa Rinanda - detikInet
Head of Consumer Marketing Google Fibriyanti Elastria. Foto: Hilda Meilisa Rinanda Head of Consumer Marketing Google Fibriyanti Elastria. Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Generasi X memang bukanlan sosok yang kekinian banget. Tapi bukan berarti generasi ini tak melek teknologi. Banyak yang belajar hal baru dari YouTube.

"Ternyata 71% dari gen X memang mempelajari sesuatu yang baru melalui YouTube, dari mulai hal yang sifatnya sederhana misalnya masak cumi goreng mentega hingga ke hal yang lebih complicated misalnya cara mengganti ban mobil sendiri," ungkap Head of Consumer Marketing at Google Fibriyanti Elastria saat event Innocreativation di Grand City Surabaya, Kamis (15/11/2018).



Sebagai informasi, Gen X merupakan sosok yang lahir periode tahun 1965-1980. Artinya punya rentang usia 37-52 tahun. Setelah itu ada Gen Y (milenial) pada rentang usia 20-36 tahun dan Gen Z yang lahir pada/setelah 1998 (berumur 19 tahun atau kurang).

Sebuah data yang dikutip dari Blueadz.com menyebut bahwa 71% sosok Gen X memang suka melahap video-video How To di YouTube. Sedangkan 52% milenial menggunakan platform itu untuk buat unboxing video produk.


Tonton video: Peranan Milenial dalam Ekonomi Digital Indonesia
[Gambas:Video 20detik]


Balik ke paparan Fibri, ia menyebut bahwa YouTube memang memiliki beberapa jenis video favorit untuk pengunjung. Misalnya saja genre musik, komedi, lifestyle hingga how to yanh menyajikan video-video tutorial.

"Di YouTube ada begitu banyak pilihan. Di YouTube ada beberapa genre yang memang paling banyak peminatnya beberapa di antaranya adalah musik komedi How to dan juga lifestyle," kata Fibri.

Tak hanya itu, di YouTube biasanya digunakan masyarakat untuk mencari hal-hal yang tidak didapatkan di televisi. Misalnya mencari analisis pertandingan sepak bola. Fibri mengatakan ratingnya hingga 79%.




"Ternyata 79% dari pengguna YouTube mencoba mencari konten yang tidak ada di tempat lain melalui YouTube," imbuh Fibri.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed