Minggu, 11 Nov 2018 15:00 WIB

3 e-Commerce Paling Banyak Dicari di Harbolnas 11.11

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Tiga e-commerce yang beroperasi di Tanah Air, Blibli.com, Shopee, dan Lazada memuncaki daftar pencarian Google di harbolnas ini. Foto: istimewa Tiga e-commerce yang beroperasi di Tanah Air, Blibli.com, Shopee, dan Lazada memuncaki daftar pencarian Google di harbolnas ini. Foto: istimewa
Jakarta - Walau sejatinya Hari Belanja Nasional (Harbolnas) awalnya jatuh pada 12 Desember, namun kini implementasinya diperluas. Hari ini, 11 November pun juga ikut disebut-sebut sebagai Harbolnas.

Animo masyarakat pun tampak cukup besar dalam menyambut pesta belanja online ini. Hal tersebut tampak dari tren pencarian di Google.


Ada tiga e-commerce yang memuncaki daftar trending mesin pencari raksasa tersebut. Blibli, Shopee, dan Lazada, secara berturut-turut mengisi posisi pertama, kedua, dan ketiga.

Seluruh toko online tersebut dicari sebanyak lebih dari 20 ribu kali di seantero Tanah Air. Khusus untuk dua nama e-commerce terakhir, pencarian yang digunakan netizen lebih spesifik, yaitu Shopee 11.11 dan Lazada 11.11.

Untuk melengkapinya, "Harbolnas" jadi kata kunci yang paling banyak dimasukkan di Google Indonesia. Warganet memasukkannya sebanyak lebih dari 10 ribu kali.

Sebagai gambaran betapa besarnya Harbolnas kali ini, Shopee bisa sedikit menjelaskannya. Dalam laman Shopee 11.11 Big Sale di dalam situs resminya, toko online tersebut menuliskan bahwa pihaknya sudah menjual lebih dari 6 juta produk dan angkanya terus bertambah.


Selain nama-nama di atas, toko online lain semacam BukaLapak, JD.ID, dan Elevenia juga turut meramaikan harbolnas. Di samping itu, Go-Jek dan Traveloka juga tampak membagikan voucher khusus untuk merayakan pesta belanja online hari ini.

Bisa dibilang, hanya Tokopedia sebagai e-commerce besar yang tak ikut-ikutan membagikan promo 11.11 atau semacamnya. Ia sempat mengatakan bahwa pihaknya lebih fokus pada pengalaman yang baik dalam berbelanja online dengan menekankan sisi keamanan dan kenyamanan, bukan memberikan diskon besar-besaran. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com