Kamis, 08 Nov 2018 14:07 WIB

Ortu Harus Awasi Anak-anaknya Nonton YouTube, Ini Alasannya

Josina - detikInet
Jangan biarkan anak-anak nonton YouTube tanpa pengawasan (Foto: Sean Gallup/Getty Images) Jangan biarkan anak-anak nonton YouTube tanpa pengawasan (Foto: Sean Gallup/Getty Images)
Jakarta - Orangtua zaman now sebaiknya tak membiarkan anak-anak nonton YouTube tanpa pengawasan. Studi ini menemukan masih banyak konten negatif buat anak-anak.

Menurut studi dari Pew Research Center, saat ini ada lebih dari 60% pengguna YouTube yang mengaku masih menemukan video bermasalah berisikan perilaku kekerasan, video bohong, dan yang tidak layak konsumsi bagi anak-anak.

Seperti dilansir detikINET dari CNET, Kamis (8/11/2018), laporan ini juga menyatakan bahwa lebih dari sepertiga orangtua rutin membiarkan anak-anaknya yang masih berusia 11 tahun atau lebih muda menonton video di YouTube.




Padahal YouTube, yang dimiliki oleh Google, sebenarnya telah menegaskan bahwa layanan video pada platform tersebut tidak ditujukan buat anak-anak di bawah 13 tahun.

Memang ada pula YouTube Kids yang ditujukan buat anak-anak. Tapi pengawasan tetap perlu mengingat tahun lalu sejumlah pengguna melaporkan adanya konten tak pantas buat anak-anak, termasuk sosok kartun populer mempertontonkan adegan kekerasan.

Sekarang sudah tahu kan salah satu alasan kuat kenapa ortu sebaiknya jangan membiarkan anak-anak nonton YouTube tanpa pengawasan?




(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed