Rabu, 07 Nov 2018 17:33 WIB

Kena Getah Pembunuhan Khashoggi, Ini Kata Orang Terkaya Jepang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Masayoshi Son. Foto: Getty Images Masayoshi Son. Foto: Getty Images
Jakarta - Pendiri dan CEO SoftBank, Masayoshi Son, mengatakan perusahaannya tidak akan memutuskan hubungan dengan Arab Saudi. Namun, Son mengatakan bahwa perusahaannya tidak akan menerima uang dari Arab Saudi sampai fakta atas pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi terungkap.

Dalam pernyataan publik pertamanya setelah kematian Khasoggi, Son menyatakan penyesalannya terhadap pembunuhan sang wartawan. Menurutnya, hal itu merupakan insiden buruk yang harusnya tak terjadi.

Son mengatakan bahwa perusahaannya telah menerima dana investasi dari masyarakat Arab Saudi. Maka ia yakin bahwa perusahaannya harus memenuhi tanggung jawabnya untuk masyarakat Arab Saudi.




Son sendiri memiliki hubungan yang erat dengan putera mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. SoftBank juga telah menerima dana sebesar USD 45 miliar (Rp 661 triliun) untuk proyek pendanaannya yang disebut Vision Fund dari Public Investment Fund (PIF) yang dikelola oleh pemerintah Arab Saudi.

Son pada bulan Mei 2018 juga telah membicarakan rencana dibentuknya Vision Fund kedua dalam waktu dekat. Namun, kali ini ia mengatakan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk membicarakan rencana tersebut.

"Investasi untuk Vision Fund di masa depan akan dipertimbangkan setelah kebenaran ditemukan dan penjelasan diberikan tentang pembunuhan Khasoggi," kata Son, seperti dikutip detikINET dari CNN, Rabu (7/11/2018).

Ia juga mengatakan bahwa sejauh ini ia belum mendengar bahwa ada perusahaan yang menolak pendanaan dari Vision Fund karena hubungannya dengan Arab Saudi.

"Mungkin ada beberapa dampak, tetapi sejauh ini saya belum mendengar bahwa ada perusahaan yang tidak mau menerima uang karena hubungan Vision Fund dengan Arab Saudi," jelasnya.

Vision Fund sendiri telah mendanai beberapa perusahaan Silicon Valley, sebut saja perusahaan seperti Slack, WeWork, DoorDash, hingga Nvidia. Minggu lalu, dua startup Silicon Valley, View dan Zoom, juga mengumumkan bahwa mereka baru saja mendapatkan pendanaan dari Vision Fund.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed