Selasa, 06 Nov 2018 10:49 WIB

Tips Bikin Komik seperti @tahilalats

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kreator @tahilalats bicara soal proses membuat komik (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET) Kreator @tahilalats bicara soal proses membuat komik (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Jakarta - Komik di platform media sosial sedang populer. Minat membuat? Simak tips dari Nurfadli Mursyid, kreator di balik komik strip kocak @tahilalats.

Sebagai salah satu akun komik yang sedang populer, @tahilalats kini sudah memiliki 3 juta follower di Instagram. Sementara akun Twitter-nya memiliki lebih dari 200 ribu follower.

Nurfadli Mursyid, sosok di balik akun tersebut, berbagi kisah mengenai proses penciptaan karya-karyanya dalam acara d'Youthizen Goes to Campus hasil kolaborasi detikcom dan Honor di Universitas Esa Unggul, Senin (5/11/2018) kemarin.




"Saya mencari berbagai referensi, membaca banyak komik," ucap Nurfadli Mursyid.

"Banyak membaca komik dan menemukan, 'oh kalau yang ini style-nya seperti ini'. Sehingga saya bisa kenal sama karakternya, teksnya seperti ini, agar saya bisa kenal sama ciri khasnya, perpanelannya seperti ini, oh tone-nya seperti ini."

"Jangan satu doang yang lu pelajari karena akan kelihatan plagiat. Ketika lu banyakin (referensi) itu bakal terlihat lebih otentik," tuturnya.

Tips memperkaya referensi ini terkeesan sederhana. Nyatanya, kata Nurfadli, hal ini justru menjadi cara yang ampuh untuk membentuk selera humor yang lantas terwujud dalam karya-karyanya.




"Saya belajar sense of humor dari komik-komik yang pernah saya baca. Ini kenapa saya ketawa sih, oh ternyata begini cara mereka meramunya," ujarnya.

Referensi ini pun bisa datang dari mana saja, tak cuma buku dan komik. Ranah media sosial pun disebut Nurfadli menjadi salah satu tempat yang tepat untuk belajar.

"Referensi itu juga banyak banget di sosial media, ilustrasi ini banyak banget yang bisa diolah. Di Instagram kalian bisa masuk di Explore dan banyak banget contoh yang bisa kalian pelajari," tuturnya.


(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed