Jokowi: Ada VR, Main Sepak Bola Tidak Pakai Lapangan

Jokowi: Ada VR, Main Sepak Bola Tidak Pakai Lapangan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 26 Okt 2018 18:57 WIB
Presiden Jokowi menjajal VR. Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Saat membuka Ideafest 2018, Presiden Joko Widodo menceritakan beberapa anekdot tentang interaksinya dengan teknologi. Salah satunya adalah pertemuannya dengan pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg tiga tahun lalu.

"Saya tiga tahun lalu waktu masuk ke markasnya Facebook. Saya disuruh pakai Oculus, kacamata kayak gini," katanya sambil menunjuk pada gambar kacamata virtual reality (VR) Oculus di layar, saat membuka Ideafest 2018, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Jokowi pun diajak Zuck untuk bermain ping pong menggunakan Oculus. Saat itu, ia bingung dan tidak mengerti bagaimana cara kerja VR.



"Diajak main ping pong tapi tidak ada mejanya, tidak ada bolanya, tidak ada netnya. Main tang tung tang tung," guraunya.

"Ini apa Mark? Ini virtual reality," Jokowi menceritakan interaksinya dengan Zuck.

Jokowi kemudian menanyakan apakah VR hanya dapat digunakan untuk bermain ping pong. Zuck pun menjawab bahwa VR dapat digunakan untuk banyak hal, termasuk bermain sepak bola.

Jokowi: Ada VR, Main Sepak Bola Tidak Pakai LapanganPresiden Jokowi di booth Telkomsel bersama Direktur Utama Telkomsel Ririek Ardiansyah dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Foto: Rengga Sancaya/detikcom


"Ini artinya main sepak bola tidak ada lapangan, tidak ada bola, adanya orang tendang-tendangan," ujarnya yang kemudian disambut gelak tawa.

Beberapa saat sebelum membuka Ideafest, Jokowi pun sempat mencoba memainkan game mancing menggunakan VR di Telkomsel Experience Zone yang juga hadir di Ideafest.



"Tapi di sini tadi masuk ke markasnya Telkomsel. Juga sudah ada sejak setahun lalu. Dengan barang yang sama tapi mancing tadi," ujarnya yang kemudian disambut tawa. (rns/rns)