Selasa, 23 Okt 2018 12:37 WIB

Instagram Lebih Galak pada Pelaku Bullying

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Tidak ada tempat untuk bullying. Begitu penegasan Instagram sebagai wujud komitmennya mengatasi bullying yang ditemukan di platform miliknya.

Head of Instagram Adam Mosseri menuturkan, jika pengguna menemukan perilaku dan konten yang tidak pantas di platform Instagram, bisa segera melaporkannya.

"Anda dapat melaporkannya dan kami akan menghapus konten tersebut. Akan tetapi, bullying di dunia maya merupakan hal yang kompleks dan kami sadar bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membatasi tindakan ini, dan menyebarkan lebih banyak kebaikan di Instagram," tutur Mosseri dalam siaran persnya, Selasa (23/10/2018).



Maka dari itu, media sosial berbagi foto dan video ini meluncurkan fitur terbaru guna memerangi perilku bullying, termasuk cara baru untuk mengindentifikasi dan melaporkan foto-foto bersifat menghina.

Selain itu, perusahaan milik Facebook ini juga membuat sebuah efek kamera baru untuk membantu menyebar lebih banyak kebaikan di Stories.

"Sebagai pemimpin Instagram yang baru, saya bangga bisa mengambil bagian dalam usaha membuat Instagram menjadi komunitas yang positif dan aman untuk Anda," ucapnya.

Instagram Lebih Galak pada Pelaku Bullying


Mendeteksi Bullying di Foto

Meskipun sebagian besar foto yang dibagikan di Instagram bersifat positif, terkadang ada pengguna yang membagikan sebuah foto meresahkan.

Kali ini, melalui teknologi mesin pembelajaran, Instagram akan secara proaktif mendeteksi bullying di dalam foto maupun caption, serta mengirimkanya ke tim opersional komunitas kami untuk ditinjau.

Mosseri mengklaim update ini akan membantu mereka mengidentifikasi dan menghapus konten bully secara signifikan.

"Ini merupakan langkah penting bagi usaha kami karena banyak pengguna yang mengalami ataupun melihat perilaku bullying, tetapi tidak melaporkannya," ungkapnya.

Selain itu, fitur ini juga akan membantu Instagram melindungi pengguna yang masih muda, karena para remaja cenderung mengalami tingkat bullying yang lebih tinggi di dunia maya. Teknologi ini diluncurkan mulai hari ini dan akan terus bergulir selama beberapa minggu mendatang.

Filter Komentar Bully saat Live

Live Instagram juga jadi perhatian mereka dalam mengatasi bullying di kolom komentar. Beberapa bulan lalu, pihaknya memperkenalkan fitur penyaring komentar perudungan untuk secara proaktif mendeteksi dan menyembunyikan komentar-komentar perudungan dari feed, explore, dan profile.

"Kini kami menambahkan fitur penyaring komentar yang sama untuk Instagram Live, agar pengalaman Anda saat melakukan siaran langsung di Instagram tetap aman dan menyenangkan bersama teman-teman Anda. Fitur ini telah tersedia secara global," kata Mosseri.

Instagram Lebih Galak pada Pelaku Bullying


Efek Kamera Kebaikan

"Menghentikan perundungan adalah hal yang penting, tetapi selain itu, kami juga harus melakukan lebih banyak hal untuk merayakan dan menginspirasi kebaikan di Instagram," ujarnya.

Bersama dengan penulis buku, penari dan aktor muda, Maddie Ziegler, Instagram meluncurkan efek kamera untuk terus menyebarkan hal-hal positif di Instagram.

Jika Anda mengikuti Maddie di Instagram, Anda akan mendapat efek kamera ini secara otomatis. Geser layar ke kanan untuk membuka laman kamera, tap ikon berbentuk wajah yang berada di bagian bawah dan pilih efek kamera terbaru.

Dalam mode selfie, stiker hati akan memenuhi layar dan kalian akan diajak menandai (mention) teman-teman yang ingin didukung. Teman kalian akan menerima notifikasi bahwa kalian menandai mereka di Story.



"Mereka dapat membagikannya ke Story mereka sendiri atau menggunakan efek kamera tersebut untuk menyebarkan kebaikan kepada orang lain," imbuhnya.

Jika kalian beralih ke kamera belakang, akan terlihat berbagai komentar dalam bermacam bahasa. Apabila kalian bukan pengikut Maddie, tetapi melihat orang lain menggunakan efek kamera ini, pilih opsi 'try it' untuk menambah efek tersebut ke kamera kalian.




Tonton juga 'Pesan Agnez Mo untuk Milenial: Stop Cyber Bullying!':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed