Rabu, 17 Okt 2018 12:11 WIB

Pakai AI, Google Kembangkan Teknologi untuk Deteksi Kanker

Josina - detikInet
Ilustrasi artificial intelligence. (Foto: istimewa) Ilustrasi artificial intelligence. (Foto: istimewa)
Jakarta - Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan di muka bumi ini, keberadaannya kerap diketahui penderita setelah mencapai stadium tinggi.

Kini kolaborasi ilmu pengetahuan dan teknologi bisa menghasilkan sebuah cara deteksi dini sehingga bisa mencegah penyebaran penyakit lebih parah. Kanker yang dapat dideteksi lebih awal bisa memberi peluang kelangsungan hidup bagi pasien.


Teknologi tersebut sedang dikembangkan oleh Google yang bekerja sama dengan para peneliti dari Naval Medical Center di San Diego. Menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), teknologi ini bisa mendeteksi penyebaran kanker payudara. AI tersebut diklaim punya tingkat akurasi 99%.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Rabu (15/10/2018) AI yang dikembangkan ini didasarkan pada Inception-v3, yang merupakan sumber terbuka pengenalan gambar model pembelajaran lebih mendalam.




Mereka menguji dengan menggunakan data yang berisikan 399 gambar dari seluruh-slide yang berisi bagian kelenjar getah bening dari Radboud University Medical Center dan Universitas Medical Centre Utrecht. Dari hasil ujicoba tersebut AI ini disebut mendeteksi dengan akurasi mencapai 99,3%.

Meski belum sempurna dan kerap salah mengidentifikasi hal-hal tertentu, namun ini lebih baik jika dibandingkan dengan ahli patologi yang berlatih dan bertugas mengevaluasi slide yang sama.




Kabar mengenai peran AI untuk digunakan dalam pengobatan memang bukan pertama kali. Sebelumnya peneliti mengembangkan AI yang dapat mendeteksi kanker kulit, kanker prostat, dan kanker usus.

Meski demikian, hadirnya teknologi AI tetap tidak akan bsa menggantikan peran seorang dokter, Namun kemampuannya untuk menemukan hal-hal yang lebih cepat tidak diragukan lagi akan sangat membantu dunia medis.





Tonton juga 'Makin Mirip Manusia, Ada Boneka Seks dengan Fitur AI':

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed