googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/inet/pop_ups', 'div-gpt-ad-1540563574169-0').addService(googletag.pubads());
Selasa, 16 Okt 2018 06:24 WIB

Pendiri Microsoft Meninggal Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Paul Allen. Foto: Getty Images Paul Allen. Foto: Getty Images
Jakarta - Paul Allen yang mendirikan Microsoft bersama Bill Gates, meninggal dunia pada usia 65 tahun karena komplikasi penyakit kanker Limfoma non-Hodgkin.

Allen pertama kali bertemu dengan Bill Gates pada tahun 1968 ketika menempuh masa SMA di Lakeside School di Seattle. Sama-sama jenius dan gila komputer, mereka pun jadi sobat akrab.

Pada tahun 1975, Allen bersama Gates mengembangkan software BASIC untuk komputer desktop Altair 8800. Tak cuma itu, keduanya sepakat mendirikan perusahaan yang menjadi cikal bakal Microsoft.



Sempat berteman akrab, Allen dan Gates di masa-masa awal berdirinya Microsoft jadi banyak bertengkar. Hingga akhirnya Allen meninggalkan Microsoft pada tahun 1983. Hubungan mereka membaik beberapa tahun belakangan.

Masih memegang saham Microsoft, Allen termasuk orang paling banyak hartanya di dunia. Forbes mengestimasi kekayaannya di kisaran USD 21,7 miliar pada bulan ini.

Di awal Oktober ini, Allen mengungkap bahwa dia kembali dirawat karena kanker yang dulu pernah pula dideritanya pada tahun 2009. Kini, dia telah menghembuskan napas terakhir.

"Meski kebanyakan orang mengenal Paul sebagai pakar teknologi dan dermawan, bagi kami dia adalah saudara dan paman yang sangat dicintai, serta teman yang luar biasa," sebut saudari kandung Allen, Jody yang dikutip detikINET dari CNBC.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui Paul Allen yang telah menghembuskan nafas terakhirnya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed