Senin, 17 Sep 2018 13:50 WIB

Kemenhub Mau Buat Layanan Transportasi, Kominfo: Kami Regulator

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Rudiantara menyatakan pihaknya adalah regulator, terkait rencana Kemenhub membuat aplikasi layanan transportasi online (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET) Menkominfo Rudiantara menyatakan pihaknya adalah regulator, terkait rencana Kemenhub membuat aplikasi layanan transportasi online (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan bahwa Kementerian Kominfo hanya berperan sebagai regulator, bukan operator atau pemain di industri.

Hal itu dikatakannya untuk menjawab apakah Kominfo ikut terlibat dalam rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan membuat aplikasi layanan transportasi online serupa Go-Jek dan Grab di Indonesia.




"Kominfo adalah kementerian yang mengeluarkan kebijakan, bukan operator. Orang kita ini dipisahkan," kata Rudiantara saat ditemui di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (17/9/2018).

Ia pun memaparkan kondisi pemerintah dulu, sekitar 25-30 tahun ke belakang, ketika pemerintah bertindak sebagai pihak yang mengeluarkan kebijakan tapi di sisi lain pemerintah juga turut berperan sebagai operator.

Itu tercermin dari adanya Telkom yang masih dibawah Ditjen Postel. Begitu juga dengan keberadaan Indosat.




"Waktu Telkom masih di bawah Ditjen Postel, kita operator, Indosat juga, kita operator (juga) kita regulator. Tapi sekarang sudah dipisah, kita itu regulator. Operatornya ada BUMN, ada swasta," tuturnya.

Pria yang disapa Chief RA ini melanjutkan, Kominfo mempersilakan apabila Kemenhub benar-benar merealisasikan rencana untuk melahirkan aplikasi layanan pesaing Go-Jek dan Grab di Tanah Air. "Silakan. Kalau saya sih nggak apa-apa."

Diberitakan sebelumnya, Kemenhub berencana membuat aplikasi layanan seperti Go-Jek dan Grab. Meski begitu, belum diketahui kapan rencana tersebut akan mulai dijalankan.


Indonesia-Prancis Akan Buka Sekolah Coding Gratis, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed