Kamis, 13 Sep 2018 10:45 WIB

Facebook Akan Pakai AI untuk Baca Meme

Virgina Maulita Putri - detikInet
Facebook akan memakai kecerdasan buatan untuk membaca meme (Foto: Reuters) Facebook akan memakai kecerdasan buatan untuk membaca meme (Foto: Reuters)
Jakarta - Facebook telah menerapkan kecerdasan buatan (AI) untuk berbagai tujuan dalam memoderasi konten di platformnya. Kali ini, Facebook menciptakan AI khusus untuk membaca meme.

Seperti dilansir detikINET dari Mashable, Kamis (13/9/2018), AI yang diberi nama Rosetta ini dapat membaca dan memahami teks yang muncul di meme serta gambar dan frame video lainnya di Facebook dan Instagram.



Meski memahami meme dianggap sebagai hal yang tidak terlalu penting, Rosetta juga dapat digunakan untuk tujuan lain seperti meningkatkan fitur pencarian foto dan mengidentifikasi konten jahat dan tidak pantas.

"Memahami teks yang muncul di gambar penting untuk meningkatkan experience, seperti pencarian foto yang lebih relevan atau penggabungan teks ke screen readers yang membuat Facebook lebih mudah diakses bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan," kata Facebook dalam blog post-nya.

Cara kerja Rosetta terbagi menjadi dua. Pertama, Rosetta memindai gambar untuk mencari teks dan menggunakan text recognition untuk mengidentifikasi apa yang dikatakan teks tersebut.

Kemudian, setelah ditranskripsikan, sistem akan menafsirkan arti teks tersebut. Facebook mengklaim bahwa Rosetta mampu memproses lebih dari satu miliar gambar per hari.


Teknologi ini diharapkan dapat membantu Facebook mendeteksi dan menghapus konten jahat yang sebelumnya tidak berhasil diidentifikasi.

Facebook mengatakan, ke depannya mereka akan menggunakan teknologi serupa untuk memahami teks yang muncul di video. Namun, dibutuhkan teknologi dan sistem yang lebih kompleks untuk menjalankan fungsi tersebut.

(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed