Rabu, 12 Sep 2018 11:37 WIB

Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Mau Jadi Guru Lagi?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jack Ma akan pensiun dari Alibaba dan ada dugaan berikutnya mungkin ia bisa jadi guru lagi (Foto: Valery Sharifulin/TASS Host Photo Agency/Pool via REUTERS) Jack Ma akan pensiun dari Alibaba dan ada dugaan berikutnya mungkin ia bisa jadi guru lagi (Foto: Valery Sharifulin/TASS Host Photo Agency/Pool via REUTERS)
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun
Jakarta - Selama 19 tahun terakhir, Jack Ma sukses mengguncang industri teknologi global melalui perusahaannya yang bernama Alibaba. Rupanya, perjalanan tersebut masih kalah berarti bagi dirinya ketimbang kehidupannya sebelum menjadi salah satu orang terkaya di Asia.

Adalah profesi guru yang menurutnya lebih membahagiakan, sekaligus dirindukannya. Ya, Jack Ma memang pernah menjadi seorang guru. Pria kelahiran Hangzhou, Zhejiang, China, 10 September 1964 itu melakoni profesi tersebut sekitar 1990-an silam.


Pada saat itu, ia juga menyediakan jasa penerjemah bahasa Inggris. Kepiawaiannya dalam menggunakan bahasa asing tersebut didapatnya karena sejak kecil ia belajar dari para turis yang datang ke negeranya.

"Momen bahagia dalam hidup saya adalah ketika saya membuat 91 yuan (saat ini setara Rp 197.371) per bulan sebagai guru sekolah yang miskin," ujarnya, seperti detikINET kutip dari South China Morning Post, Rabu (12/9/2018).

Diketahui, Ma mengajar bahasa Inggris di sebuah perguruan tinggi di kota Hangzhou, China Timur, selama enam tahun. Hal tersebut dijalaninya usai lulus dari Hangzhou Teacher's Institute pada 1988.

Meski menjadi guru yang miskin, bukan berarti orang salah satu terkaya di dunia ini mengajar dengan asal-asalan. Ma pernah diakui sebagai satu dari 10 guru muda yang luar biasa di sekolah pada 1994.

"Saya tidak pernah dilatih dalam perdagangan, tidak pernah menjadi akuntan atau programmer. Satu-satunya hal yang saya lakukan adalah belajar dan berbagi," ucapnya.

"Saya bekerja sebagai wirausahawan dengan cara yang sama seperti menjadi guru," katanya melanjutkan.


Sekarang, Ma telah menyatakan pensiun sebagai Chairman Eksekutif Alibaba. Posisi tersebut digantikan oleh Daniel Zhang yang sebelumnya menduduki kursi CEO.

Seperti diberitakan sebelumnya, perpindahan jabatan akan secara resmi dilakukan satu tahun dari sekarang. Setelah pensiun, ia sempat menyebut akan menyibukkan diri dengan urusan filantropi bersama yayasannya, yaitu Jack Ma Foundation.

Mau jadi guru lagi, Ma?



Saksikan juga video 'Jack Ma Akan Pensiun dari Alibaba, Apa Alasannya?':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed