Rabu, 12 Sep 2018 07:52 WIB

Menguak Obsesi Mark Zuckerberg Pada Kaisar Romawi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Mark Zuckerberg. Foto: Reuters Mark Zuckerberg. Foto: Reuters
Jakarta - Salah satu sosok yang menjadi idola Mark Zuckerberg ternyata adalah Kaisar Romawi Kuno, Agustus. Gaya kepemimpinan pendiri dan CEO Facebook itu pun terindikasi dipengaruhi oleh Agustus.

"Ada figur yang bagus, buruk ataupun kompleks. Kupikir Agustus adalah salah satu yang paling mempesona. Pada dasarnya, meski dengan pendekatan yang sungguh keras, dia berhasil mempertahankan kedamaian dunia selama 200 tahun," kata Zuck dalam wawancara dengan The New Yorker.

Seperti Zuck, Agustus meraih kekuasaan pada usia muda. "Untuk mempertahankan perdamaian dunia, dia harus membuat pilihan yang tidaklah gratis dan harus melakukan hal-hal tertentu," tambah Zuck yang dikutip detikINET dari CNBC.



Agustus diduga menghalalkan segala cara untuk mempertahankan posisinya dan menjaga kondisi aman, termasuk menyingkirkan lawan politiknya dan bahkan mengeksekusi cucu sendiri.

Ketertarikan Zuck pada dunia Romawi Kuno muncul sejak zaman SMA sampai sekarang. Anak keduanya diberi nama Agustus dan pada tahun 2012, dia bulan madu bersama sang istri Priscilla Chan di Roma.

"Istriku mencandaiku bahwa ada tiga orang dalam bulan madu itu, aku, dia dan Agustus. Semua foto adalah patung Agustus yang berbeda-beda," kisah Zuck.



Obsesinya pada Agustus mungkin jadi salah satu alasan Zuck memimpin Facebook untuk meraih pertumbuhan dengan segala cara. Ketika pada tahun 2007 pertumbuhan Facebook sempat mandek, Facebook membuat tim yang dijuluki Growth Team.

Berbagai cara dilakukan untuk menggenjot pertumbuhan seperti memperbanyak bahasa, menambah iklan berbau politik dan membuka platformnnya untuk developer pihak ketiga. Cara itu memang ampuh, tapi belakangan bikin masalah bagi Facebook seperti munculnya skandal Cambridge Analytica sampai dugaan Facebook ikut mempengaruhi hasil pemilu.



Simak video 'Pengawalan Mark Zuckerberg Capai Miliaran Rupiah'

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed