Jumat, 31 Agu 2018 14:22 WIB

Hacker Foto Bugil Jennifer Lawrence Dihukum 8 Bulan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jennifer Lawrence. Foto: Frazer Harrison/Getty Images Jennifer Lawrence. Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta - Satu dari empat hacker yang ada di balik skandal foto bugil sejumlah artis Holywood baru selesai menjalani proses peradilan dan terkena hukuman penjara delapan bulan.

George Garofano, nama hacker tersebut, adalah salah satu hacker yang terlibat dalam skandal Celebgate atau juga sering disebut sebagai The Fappening bersama Ryan Collins, Edward Majerczyk, dan Emilio Herrera. Secara total, Garofano meretas lebih dari 250 orang, termasuk di dalamnya adalah Kate Upton, Jennifer lawrence, dan Kirsten Dunst.

Ia dijatuhi hukuman delapan bulan penjara, tiga tahun bebas bersyarat, dan 60 jam bekerja di community service setelah nanti ia keluar dari penjara. Sementara ke-3 hacker lain terkena hukuman antara 9 sampai 18 bulan, kecuali Emilio Herrera yang sampai saat ini masih menunggu keputusan hakim terkait jumlah hukumannya.


Tak ada bukti yang menunjukkan ke-4 orang itu membagikan, ataupun memposting foto-foto yang mereka curi itu. Namun pada kasus Garofano, ia terbukti berbagi username dan password termasuk foto-foto hasil peretasannya ke sesama pelaku.

Metode yang digunakan para hacker itu untuk menjebol akun para selebritis itu tak canggih-canggih amat. Mereka hanya menggunakan metode phishing dengan mengirimkan email palsu untuk me-reset password kepada para korbannya.

Hasil dari phising itu kemudian digunakan untuk login ke akun para selebritis itu. Pada 31 Agustus 2014, konten-konten hasil peretasan itu mulai muncul di situs 4chan dan Reddit, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (31/8/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed