Rabu, 22 Agu 2018 15:23 WIB

Pemerintah Kolombia Pakai Drone untuk Hancurkan Ladang Kokain

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi drone. Foto: (Thinkstock) Ilustrasi drone. Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Penggunaan drone saat ini memang sangat bermacam-macam, seperti mengusir burung dari bandara, atau mengatasi illegal fishing. Namun pemerintah Kolombia punya caranya sendiri untuk memanfaatkan drone.

Di negara tersebut, drone dipakai untuk menghancurkan ladang tanaman Koka, yang daunnya menjadi bahan pembuat kokain. Caranya adalah dengan mengisi drone dengan cairan kimia khusus, dan diterbangkan untuk mencari tanaman Koka lalu menyiramkan cairan tersebut.

Presiden Kolombia Ivan Duque mengaku memilih penggunaan drone karena dampak negatif terhadap tanaman yang ada di sekitar Koka bisa diminimalkan. Program ini juga merupakan bagian dari inisiatif Presiden Kolombia untuk menghentikan produksi kokain di negaranya itu.



Dari hasil pengujian yang dilakukan di provinsi Narino menunjukkan kalau drone bisa menghancurkan hampir 90% tanaman Koka dari setiap are yang ditargetkan. Drone yang dipakai dalam operasi ini sendiri disediakan oleh perusahaan bernama Fumi Drones SAS.

Ada 10 drone yang dipakai dalam masa uji coba ini, dengan berat masing-masing 23 Kg. Cairan yang dibawa oleh drone itu bernama glyphosate, yang merupakan bahan kimia untuk menghancurkan tanaman Koka, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (22/8/2018). (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed