Kamis, 16 Agu 2018 11:14 WIB

Ratusan Akun Instagram Jadi Korban Peretasan?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: internet Ilustrasi. Foto: internet
Jakarta - Sebuah laporan menyebutkan adanya ratusan akun Instagram yang menjadi korban peretasan terjadi pada awal Agustus ini.

Ratusan akun yang diduga jadi korban ini mengalami peretasan yang menggunakan metode serupa, meskipun belum jelas celah keamanan seperti apa yang dimanfaatkan si peretas untuk melakukan aksinya ini.



Namun ratusan korban peretasan ini mengalami hal yang relatif serupa. Yaitu akunnya mendadak log out dari ponselnya, dan ketika mereka mencoba log in kembali data-data di akunnya itu sudah berubah.

Data-data yang berubah itu antara lain nama akun, foto, informasi kontak, dan bahkan nomor telepon yang terdaftar pada akun tersebut, demikian dikutip detikINET dari Mashable, Kamis (16/8/2018).

Foto profil yang seringkali muncul pada korban peretasan ini adalah karakter Pixar atau pun Disney, sementara alamat email yang terhubung ke akun tersebut berubah menjadi alamat email dengan domain .ru alias Rusia.

Bahkan, pada sejumlah akun, si hacker juga mematikan otentifikasi dua tahap pada akun Instagram korban. Namun selain hal yang sudah disebut di atas, tak ada hal lain yang diubah oleh si hacker, baik itu itu menambah foto baru ataupun menghapus foto yang sudah ada sebelumnya.



Kejadian ini terlihat mulai ramai dibicarakan pada sejumlah komplain mengenai peretasan tersebut, baik di Twitter maupun forum seperti Reddit. Instagram sendiri sampai saat ini belum mengeluarkan pernyataan mengenai kejadian tersebut.




Tonton juga 'Kocak dan Kreatif! Instagram Milik ATCS Dishub Bandung':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed