Rabu, 15 Agu 2018 13:25 WIB

Mau Boikot iPhone, Erdogan Ternyata Penggemar Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Erdogan memakai iPhone. Foto: istimewa Erdogan memakai iPhone. Foto: istimewa
Jakarta - Sebelum menyerukan boikot produk elektronik asal Amerika Serikat seperti iPhone, Presiden Turki Racep Tayyip Erdogan dikenal sering menggunakan smartphone keluaran Apple itu. Bahkan tidak cuma iPhone, melainkan juga iPad serta laptop MacBook.

iPhone sudah cukup lama dipakai oleh Erdogan. Malah ponsel ini pernah 'berjasa' karena menjadi sarana komunikasi krusial bagi Erdogan saat ada upaya kudeta terhadap dirinya pada tahun 2016.

Dikutip detikINET dari The Verge, kala itu Erdogan memanfaatkan aplikasi FaceTime di iPhone untuk menghubungi jaringan televisi Turki dari lokasi yang dirahasiakan. Dia meminta pendukungnya bergerak untuk menguasai keadaan.



"Tidak ada kekuatan yang lebih tinggi daripada kekuatan rakyat," demikian salah satu kalimat yang konon diucapkan Erdogan pada saat itu.
Erdogan ketika memakai FaceTime tahun 2016. Foto: istimewa

Kini dengan seruan boikot iPhone, Erdogan kemungkinan tidak akan lagi memakainya. Ia menyarankan agar rakyat Turki memakai produk alternatif seperti Samsung atau smartphone buatan dalam negeri yang bermerek Vestel Venus.

"Apapun yang kami beli dari luar negeri, kami akan memproduksinya di sini dengan kualitas yang lebih baik dan mengekspornya. Kami akan memboikot produk-produk elektronik AS," tandas Erdogan yang dikutip detikINET dari CNN, Rabu (15/8/2018).



"Jika mereka punya iPhone, di pihak lain ada Samsung. Dan kami juga punya merek telepon sendiri. Kami akan memproduksinya dalam jumlah cukup untuk kami sendiri," tambah Erdogan.

Erdogan Ancam Boikot Produk Elektronik AS Termasuk iPhone, tonton videonya di sini:
[Gambas:Video 20detik] (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed