Rabu, 15 Agu 2018 12:07 WIB

Facebook Siarkan Liga Spanyol Gratis Tanpa Iklan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Lionel Messi saat membela Barcelona. Foto: David Ramos/Getty Images Lionel Messi saat membela Barcelona. Foto: David Ramos/Getty Images
Jakarta - Facebook secara resmi menjadi pemegang hak siar tayangan Liga Spanyol mulai musim 2018/2019 mendatang. Nantinya, seluruh 380 laga yang dipertandingkan bakal disiarkan oleh jejaring sosial tersebut.

Menariknya, Facebook tidak akan memungut biaya kepada para penggunannya untuk menonton program ini. Lebih bagusnya lagi, setiap pertandingan yang ditayangkan juga bebas iklan, sebagaimana detikINET kutip dari Reuters, Rabu (15/8/2018).


Sayangnya, Indonesia tidak menjadi negara yang dituju Facebook dalam menyiarkan salah satu kompetisi terbaik di daratan Eropa tersebut. India, Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Maladewa, Sri Lanka, dan Pakistan menjadi negara yang beruntung untuk mendapatkan tayangan La Liga, sebutan bagi kompetisi sepak bola teratas di ranah Spanyol itu, secara gratis di media sosial tersebut.

"Salah satu tujuan kami selama dua tahun terakhir adalah menawarkan konten seluas mungkin, jadi bekerja sama dengan platform gratis seperti Facebook yang memiliki 270 juta pengguna di India adalah kunci bagi kami," ujar Alfredo Bermejo, Head of Digital Strategy La Liga.

Sempat berpikiran untuk menyiapkan VPN? Hal tersebut ternyata sudah diantisipasi oleh media sosial besutan Mark Zuckerberg. Sistem pengawasan yang dimiliki oleh Facebook diklaim dapat mencegah kebocoran sehingga memastikan hanya orang-orang di dalam negara-negara tersebut yang bisa menonton.

Meski tidak disebutkan berapa nilai kesepakatan ini, namun jejaring sosial tersebut akan menayangkan seluruh pertandingan La Liga dalam tiga musim ke depan. Sebagai bayangan, Sony, pemegang hak siar sebelumnya di kawasan tersebut, dilaporkan membayar USD 32 juta untuk menayangkan Liga Spanyol dari 2014 hingga 2018.


Sebelumnya, jejaring sosial tersebut juga sudah mendapatkan hak siar Premier League selama tiga musim mulai tahun depan. Facebook akan menampilkan pertandingan-pertandingan tersebut di Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos.




Tonton juga 'Apa Tujuan Facebook Akuisisi Perusahaan AI?':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed