Rabu, 15 Agu 2018 09:24 WIB

Ini Rencana Erdogan Setelah Boikot iPhone

Fino Yurio Kristo - detikInet
Racep Tayyip Erdogan. Foto: Reuters Racep Tayyip Erdogan. Foto: Reuters
Jakarta - Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan, menyerukan boikot produk elektronik Amerika Serikat seperti iPhone. Ia ingin rakyat Turki beralih ke produk dalam negeri ataupun produk mancanegara selain iPhone, misalnya Samsung.

AS di bawah komando presiden Donald Trump membuat ekonomi Turki terbenam dengan jatuhnya mata uang lira ke titik terendah. Trump antara lain menaikkan tarif impor aluminium Turki menjadi 20% dan tarif impor baja akan dinaikkan menjadi 50%.

"Apapun yang kami beli dari luar negeri, kami akan memproduksinya di sini dengan kualitas yang lebih baik dan mengekspornya. Kami akan memboikot produk-produk elektronik AS," tandas Erdogan yang dikutip detikINET dari CNN.



"Jika mereka punya iPhone, di pihak lain ada Samsung. Dan kami juga punya merek telepon sendiri. Kami akan memproduksinya dalam jumlah cukup untuk kami sendiri," tambah Erdogan.

Pruduk ponsel dimaksud adalah Vestel Venus yang mungkin akan jadi pilihan warga jika benar iPhone diboikot. Perkataan Erdogan tersebut membuat harga saham Vestel Venus naik sampai hampir 5%.

iPhone sendiri harganya cukup mahal di Turki sehingga pemiliknya mayoritas kalangan atas. Misalnya banderol iPhone X di sana mulai USD 1.143.

Erdogan sebenarnya dikenal sebagai penggemar iPhone. Namun dengan niatnya tersebut, kemungkinan ia bakal beralih ke merek ponsel lain.






Tonton juga 'Ditekan Secara Ekonomi, Erdogan Serukan Perjuangan Nasional':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed