Kamis, 26 Jul 2018 21:28 WIB

Facebook bakal Buka Kantor di China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri
Jakarta - Facebook akhirnya mendapat izin untuk beroperasi di China. Meski demikian, bukan layanan media sosialnya yang bakal beroperasi di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Direstuinya Facebook membuka kantor di China, menjadi sebuah pencapaian baru bagi raksasa jejaring sosial ini, mengingat layanan media sosialnya saat ini masih diblokir untuk kebanyakan penduduk China.



Dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (26/7/2018), kantor senilai USD 30 juta itu berlokasi di kota Hangzhou dan bernama Facebook Technology (Hangzhou). Di kota yang sama juga akan ada kantor pusat Alibaba.

Di kota itu, Facebook akan menjalankan sebuah inkubator startup yang akan berinvestasi dan memberikan saran untuk bisnis-bisnis lokal. Kantor cabang Facebook itu dimiliki oleh Facebook Hong Kong Limited.

Dalam sebuah wawancara, CEO Facebook Mark Zuckerberg memang mengindikasikan kalau mereka masih tertarik untuk berbisnis di China, sekalipun layanan media sosialnya sudah bertahun-tahun diblokir di sana.

"Saya pikir sulit untuk mempunyai misi mendekatkan seluruh dunia namun meninggalkan negara terbesar," ujar Zuck dalam sebuah wawancara.

Dalam pernyataan resminya, Facebook menyebut mereka tertarik untuk membuat sebuah hub inovasi di Zhejiang untuk mendukung para developer, inovator dan startup di China.

Inkubator semacam ini juga dimiliki Facebook di sejumlah negara lain seperti Brasil, India, Prancis dan Korea Selatan.


Facebook sebelumnya juga hampir bisa membuka kantor di Beijing, tepatnya pada 2015, setelah mereka mendapatkan izin. Namun kemudian, upaya ini gagal.

Untuk diketahui, Facebook diblokir di China sejak 2009 setelah jejaring media sosial tersebut dipakai aktivis independen Xinjiang untuk mengumpulkan masa pada demonstrasi Urumqi. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed