Selasa, 17 Jul 2018 07:05 WIB

Hina Penyelam Gua Thailand, Elon Musk Bahayakan Tesla

Fino Yurio Kristo - detikInet
Elon Musk. Foto: Getty Images Elon Musk. Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Elon Musk Dikecam
Jakarta - Elon Musk terus mendapatkan kritikan gara-gara menuding salah satu pahlawan yang menyelamatkan para korban di gua Thailand sebagai pedo alias pedofil. Tudingan tak berdasar itu bisa saja membahayakan perusahaannya seperti Tesla.

Bahkan seperti dikutip detikINET dari CNBC, harga saham Tesla sempat turun sampai 3% begitu kabar pertikaian Musk dengan sang penyelam beredar. Padahal perusahaan mobil listrik itu sedang berusaha untuk menyelesaikan berbagai isu seperti memperbanyak jumlah produksi yang tak pernah memenuhi target.

"Ketika kamu ingin meningkatkan ketertarikan orang terhadap produkmu, kamu harus hati-hati. Kamu harus mulai bertindak seperti layaknya seorang CEO," sebut Rebecca Lindland, analis di Kelly Blue Book.



Menurut dia, perusahaan publik yang besar seperti Tesla kadang juga dinilai berdasarkan perilaku pemimpinnya. Tapi Musk malah secara sembarangan menuduh orang lain yang tak dikenalnya tanpa dasar di media sosial.

"Musk tidak menunjukkan kedisiplinan dari seseorang yang akan membuat ratusan ribu mobil. Orang dekatnya harus bilang supaya dia meletakkan saja ponselnya dan fokus," saran Brian Tierney, CEO Brian Communications.

Seperti diberitakan sebelumnya, Vern Unsworth, sang penyelam, menyatakan apa yang dilakukan salah satu orang terkaya di dunia itu hanyalah untuk kepentingan publisitas. Kapal selam mini yang dibawa oleh tim Elon Musk ke Thailand takkan bisa mendukung upaya penyelamatan para korban yang terjebak di dalam gua.

"Kapal selam itu kaku sehingga takkan bisa melewati sudut-sudut ataupun halangan lainnya. Bahkan ia tidak akan mampu melewati 50 meter pertama di dalam gua dari titik awal penyelaman. Hanyalah PR stunt," ketus Vern yang juga mengatakan Elon diminta meninggalkan lokasi karena dianggap tidak banyak membantu.



Ini video Elon Musk Dikecam Karena Hina Penyelamat Korban Gua Thailand

[Gambas:Video 20detik]




Musk ternyata membalas pedas di Twitter. "Aku tak pernah melihat orang Inggris ini ketika kami berada di gua. Orang yang terlihat hanyalah tentara Thailand yang baik. Angkatan Laut Thailand mengawal kami masuk, tidak meminta kami pergi," tulis Musk yang biasa mengeluarkan unek-uneknya di Twitter.

Lalu dia seperti meremehkan upaya tim penyelamat dengan menyebut level air sudah sangat rendah sehingga mudah untuk mencapai korban. Malah di tweet berikutnya, dia menjuluki Vern sebagai 'pedo guy' tanpa menjelaskannya lebih lanjut.

"Kami akan membuat kapal selam mini mencapai gua 5 tanpa masalah. Sorry pedo guy, soalnya kamu sungguh memintanya," ketus Elon.
Hina Penyelam Gua Thailand, Elon Musk Bahayakan Tesla
(fyk/fyk)
FOKUS BERITA Elon Musk Dikecam

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed