Selasa, 10 Jul 2018 21:07 WIB

Selamat Ulang Tahun, App Store

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Apple Foto: Dok. Apple
Jakarta - Apple meluncurkan App Store pada 10 Juli 2008, yang hanya berisi 500 aplikasi. Dan kini pada ulang tahunnya ke-10, App Store mempunyai lebih dari dua juta aplikasi.

Dalam sebuah tulisan dalam blog resminya, Apple menulis selama satu dekade ke belakang, App Store sudah memberikan tempat yang aman bagi para pengguna dari berbagai usia untuk mendapatkan aplikasi terbaik dari seluruh dunia.

"Kini, konsumen dari 155 negara lebih sering mengunjungi App Store, lebih lama, dan mengunduh lebih banyak aplikasi dari sebelumnya," lanjut perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut.


Untuk memperingati pencapaian ini, App Annie pun membuat laporan khusus mengenai sejumlah fakta penting di App Store ini. Salah satunya adalah, sejak 2008 ada 2,5 juta aplikasi sudah dirilis di App Store, 77%-nya adalah game.

Secara rata-rata, pengguna iPhone saat ini mempunyai lebih dari 100 aplikasi terinstal di ponselnya, dan menggunakan lebih dari 40 aplikasi setiap bulannya. Dan aplikasi yang paling populer adalah game, sekitar 31% dari total unduhan.

SVP Worldwide Marketing Apple Phil Schiller pun ikut angkat bicara, dan menyebut dalam dekade pertamanya App Store sudah melewati semua ekspektasi liar mereka, dari aplikasi yang inovatif, sampai penggunaan aplikasi di keseharian pengguna perangkat Apple.

"Kami tak bisa lebih bangga lagi untuk apa yang sudah dibuat oleh developer dan aplikasi apa yang akan ada di App Store selama sepuluh tahun ke depan," tambah Schiller.

CEO Apple Tim Cook pun tak lupa memberi selamat ulang tahun ke App Store, dan ia menggunakan akun Twitternya untuk memberi ucapan selamat tersebut. Menurutnya, App Store memulai sebuah revolusi yang mengubah dunia sepuluh tahun yang lalu.


(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed