Selasa, 10 Jul 2018 20:05 WIB

Kominfo Tak Mau Tik Tok Cuma Heboh Goyang 2 Jari

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Youtube Foto: Youtube
FOKUS BERITA Blokir Tik Tok Dibuka!
Jakarta - Setelah dibuka kembali, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) punya harapan besar agar Tik Tok dijadikan wadah kreativitas anak bangsa.

Memang tidak bisa dipungkiri selama ini kebanyakan konten Tik Tok yang dibuat kreator dari Indonesia lebih menampilkan menampilkan joget-joget. Paling popular Goyang 2 Jari dan Joget Aisyah Jatuh Cinta.

"Semoga tidak sekadar untuk menampilkan joget-joget saja," kata Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo saat dihubungi detikINET, Selasa sore (10/7/2018).



Sammy berpendapat jika dilihat dari aplikasinya, Tik Tok sejatinya menarik. Kalau digunakan lebih kreatif, bisa dijadikan batu loncatan sebelum ke media yang lebih besar lagi, seperti televisi.

"Anak-anak bisa menggunakan Tik Tok untuk bernyanyi, bikin stand up comedy, sitkom dan cerita pendek. Jadi bisa enpowering creator anak negeri kalau digunakan dengan baik," ujarnya.

"Kalau (konten) yang melihat tinggi, mereka bisa dilirik oleh pencari bakat. Buktinya Bowo sudah diwawancara di televisi," imbuh Sammy.

Selain membuat konten yang lebih kreatif, pihak Kominfo meminta masyarakat untuk turut serta mengawasi konten yang ada. Pihak Tik Tok akan menyediakan tombol khusus untuk pelaporan konten negatif.

"Semua platfrom dibutuhkan peran masyarakat, siapa lagi yang menjaganya. Kalau ada pengguna negatif masuk, pengguna postifnya malah terdesak. Harusnya mengambil alih dengan melaporkan dan memperbanyak membuat konten yang positif," papar Sammy.



Saat ini tombol pelaporan masih dikerjakan oleh pihak Tik Tok. Diharapkan dalam waktu dekat selesai, karena akan dijadikan standar internasional.

"Nanti tombol pelaporan akan diaplikasikan secara global," pungkas pria berkacamata itu. (afr/rou)
FOKUS BERITA Blokir Tik Tok Dibuka!

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.
  • Selamat Ulang Tahun Android!! 20Detik

    Selamat Ulang Tahun Android!!

    Senin, 24 Sep 2018 11:47 WIB
    Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 tahun pada 23 September. Wah, selamat ulang tahun ya sistem operasi besutan Google!
  • Android dari Masa ke Masa

    Android dari Masa ke Masa

    Senin, 24 Sep 2018 11:25 WIB
    Android kini berusia 10 tahun, sejak versi komersial pertamanya diluncurkan pada September 2008. Yuk simak perjalanan berbagai versi Android dari masa ke masa.