Sabtu, 07 Jul 2018 21:10 WIB

Jumlah Pelanggan Berbayar Apple Music Ungguli Spotify

Josina - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah laporan anonim "mayor distributor" yang berbicara dengan Digital Music News seperti dilansir detikINET dari Mashable, Sabtu (7/7/2018) mengatakan bahwa layanan streaming musik milik Apple berhasil mengalahkan jumlah pengguna pengguna berbayar Spotify di kawasan Amerika Serikat (AS).

Keduanya memiliki sekitar 20 juta pelanggan berbayar meski demikian menurutnya jumlah pengguna Apple Music lebih banyak ketimbang Spotify dengan selisih sedikit.

Sumber tersebut juga memberikan laporan yang merinci jumlah total pelanggan AS di beberapa layanan musik streaming, di antaranya Apple Music, Spotify, Tidal, dan Sirius XM. Dari deretan daftar tersebut diklaim bahwa Apple Music kini menempati urutan pertama di AS di antara layanan streaming berdasarkan permintaan.


Pada bulan Februari lalu, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Apple Music diprediksikan akan mengambil alih posisis Spotify jika terus mempertahankan tingkat pertumbuhan 5 persen. Dan hal itu terbukti dengan laporan bahwa Apple Music bisa memepet posisi Spotify di AS.

Dalam skala global, Apple memang masih tertinggal jauh dengan hanya memiliki 45 juta pelanggan berbayar dibandingkan Spotify yang memiliki 70 juta pelanggan. Namun, di AS tampaknya meskipun Spotify menawarkan diskon dan tingkatan paket lebih banyak, strategi Apple membuahkan hasil.

Meskipun laporan ini mengatakan bahwa Apple Music saat ini hanya sedikit di depan, tingkat pertumbuhan ini tampaknya konsisten, dan prospek dapat melebar.

(mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed