Selasa, 19 Jun 2018 20:23 WIB

Norwegia Uji Coba Pesawat Listrik

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: REUTERS/Alister Doyle Foto: REUTERS/Alister Doyle
Norwegia - Norwegia sedang mengembangkan pesawat listrik berpenumpang dua orang. Pesawat ini disiapkan untuk bisa terbang pada 2025.

Menteri Transportasi Norwegia Ketil Solvik-Olsen dan Kepala Lembaga Penerbangan Norwegia Avinor Dag Falk-Petersen, menjajal pesawat Alpha Electro G2 dengan terbang beberapa mengitari bandara Oslo.

"Ini adalah contoh bagaimana kami melaju cepat dalam hal penerbangan ramah lingkungan. Kami tentu saja harus memastikan pesawat ini aman. Masyarakat tidak akan mau terbang menggunakan ini jika mereka tidak mempercayai keamanannya," kata Solvik-Olsen seperti dikutip detikINET dari Venture Beat, Selasa (19/6/2018).


Disebutkannya, seirimg para pembuat pesawat seperti Boeing dan Airbus sedang mengembangkan pesawat listrik, harga baterai untuk pesawat listrik akan menurun sehingga makin terjangkau. Dengan demikian, tujuan Norwegia untuk membuat semua penerbangan domestik di negaranya berbasis pesawat listrik di 2040 pun sangat mungkin tercapai.

"Saya memperkirakan, ini bisa tercapai sebelum 2025. Semua pesawat yang terbang di Norwegia adalah pesawat listrik pada 2040 nanti," kata pilot Falk-Petersen.

Norwegia berada di urutan teratas dalam hal penjualan per kapita mobil listrik seperti Tesla, Nissan Leaf atau Volkswagen Golf. Pemerintahnya mendukung dari segi insentif dengan memberikan potongan pajak yang besar, parkir gratis dan pengecualian dari jalan tol.

Pada Mei 2018, 56% dari semua mobil yang dijual di Norwegia adalah mobil listrik murni atau hibrida. Jadi, bukan hal yang mustahil jika Norwegia menjadi negara pertama yang nantinya akan menerapkan penerbangan dengan pesawat listrik.

(mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed