Jumat, 11 Mei 2018 13:23 WIB

Laporan dari San Francisco

Kisah di Balik Fitur Anti Kecanduan di Android P

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pengenalan Android P di Google I/O. Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo Pengenalan Android P di Google I/O. Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo
San Francisco - Android P dan fitur-fiturnya telah dijelaskan dengan gamblang di perhelatan Google I/O 2018 di Mountain View, California. Tentu banyak cerita menarik di balik kelahiran sistem operasi robot hijau paling anyar ini.

Seperti diberitakan, Android P memiliki 3 filosofi. Yaitu intelligence atau kecerdasan, simplicity atau kesederhanaan dan digital wellbeing atau sebut saja kesehatan digital.

Digital wellbeing boleh dibilang sangat menarik, karena baru kali ini Google membenamkan beberapa fitur anti kecanduan di sistem operasinya. Ternyata banyak pengguna ponsel memang cemas mereka terlalu berlebihan memakai perangkatnya.



"Smartphone semakin mengambil alih kehidupan kita sehingga kami merasa memiliki tanggung jawab. Kami mendengar bagaimana orang-orang menggunakan teknologi," kata Sameer Samat, Vice President of Product Management Google dalam perbincangan dengan media termasuk detikINET.

"Dalam riset pada tahun lalu, terlihat bahwa user menginginkan keseimbangan. Teknologi membuat mereka jauh dari kehidupan. Dan karena kami sendiri sangat banyak menggunakan teknologi, kami mengerti hal ini," tambahnya.

Itulah yang membuat Google memutuskan membenamkan beberapa fitur di Android P, yang bisa mengurangi ketergantungan orang pada ponsel.

Pertama Android Dashboard, pengguna dapat melihat seberapa banyak waktu memakai ponsel. Ditunjukkan aplikasi apa yang paling banyak digunakan, berapa kali pengguna membuka ponsel dan seberapa banyak notifikasi diterima.



Kemudian dengan App Timer, pengguna dapat mengatur seberapa lama waktu akses aplikasi. Jika waktu yang ditentukan terlewati, aplikasi berubah warna jadi abu-abu. Memang masih dapat dipakai, namun cukup mengganggu dan jadi pengingat agar segera berhenti. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed