Kamis, 10 Mei 2018 21:24 WIB

Ribuan Pertemuan Antara Startup dan Investor Sukses Digelar

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Nusa Dua - Gelaran 1st NectICorn Internasional Summit sukses digelar. Total ada 1.023 pertemuan yang terjadi antara startup lokal dan investor global.

"Hanya dua hari ada 1.023 pertemuan antara startup dengan investor. Padahal cuma ada 200 orang peserta. Jadi frekuensinya begitu tinggi," kata Ridzki Syahputera Lead Coordinator of NextICon Roadshow Calendar saat menyampaikan laporan kegiatan di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (10/5/2018).

Menurutnya pencapaian yang terjadi merupakan awal yang optimis untuk menghadirkan platform yang sustainable guna menarik investor global lebih sering lagi. Karena NextICon bukan sekadar acara pertemuan, tapi mencari cara untuk menarik investor untuk lebih sering lagi datang ke Indonesia.


"Jadi, tidak perlu lagi startup mencari dana ke China dan Eropa. Tapi cukup mengundang investor ke sini," ujar Ridzki.

Pria berkacamata itu mengaku mendapatkan feedback postif dari peserta yang mengindikasikan NextICon tidak seperti konferensi sejenis lainnya. Sebab kita tidak bisa menemukan 1.000 pertemuan di mana dua belah pihak sangat relevan bertemu satu sama lain.

"Kami bangga Indonesia menjadi pionir membuat program seperti ini. Pihak pemerintah, BKPM, OJK dan Kominfo, dan empat unicorn (Go-Jek, BukaLapak, Tokopedia, dan Traveloka) telah menginvestasikan waktunya untuk membuka gerbang bagi investor untuk melihat indonesia adalah pasar yang tidak boleh dilewatkan," pungkasnya.




Siap Gelar Kedua

Rudiantara di sela-sela acara.Rudiantara di sela-sela acara. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Ditemui sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sempat menanggapi banyaknya pertemuan yang terjadi di acara NextICon. Pencapaian yang terjadi menurutnya luar biasa.

"Ternyata permintaannya empat kali dari yang diharapkan. Jadi, ini luar biasa, bahkan bila dibandingkan dengan di luar negeri sekalipun," ujarnya.

Lantas dengan keberhasilan ini, apakah Kominfo akan menghelat kembali NextICon bersama Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) dan Global Consulting Ernst & Young?

"Sepertinya begitu, tapi semua bergantung antara startup dan pendana ventura, dua-duanya ada permintaan ya nyantol," jawab pria yang arkab disapa Chief RA ini. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed