Gandeng RED, Facebook Bikin Kamera Virtual Reality 3D

Gandeng RED, Facebook Bikin Kamera Virtual Reality 3D

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 03 Mei 2018 12:02 WIB
Kamera RED. Foto: Engadget
Jakarta - Facebook tengah membangun kamera video 3D VR. Kamera ini bisa menghasilkan video VR yang tak cuma bisa dilihat 360 derajat, namun bisa didekati untuk pengalaman yang lebih memukau.

Tak tanggung-tanggung, dalam membangun kamera ini Facebook menggandeng pabrikan kamera terkemuka bernama RED. Sebagai informasi, kamera video bikinan RED diandalkan banyak orang untuk merekam film karena kualitas videonya yang sangat tinggi.

Dikutip detikINET dari Engadget, Kamis (3/5/2018).Kamera ini akan mengombinasikan teknologi pendeteksi kedalaman milik Facebook dengan performa low light dari RED untuk merekam semua informasi 3D yang ada. Hal ini memungkinan penontonnya untuk 'berjalan-jalan di dalam video.

Gandeng RED, Facebook Bikin Kamera 3D VRFoto: Ilustrasi Gettyimages


Kolaborasi Facebook dan RED ini baru saja dimulai dan belum mempunyai target --yang diungkap ke publik -- soal tanggal peluncuran kameranya. Namun yang jelas untuk bisa menikmati videonya, pengguna harus menggunakan headset VR kelas atas seperti Oculus Rift dan HTC Vive, bukan Oculus Go.

Saat nanti kamera ini selesai dikembangkan, seharusnya video yang dihasilkannya akan menjadi hal baru yang bisa memaksimalkan pengalaman VR penggunanya. Yaitu pengguna bisa mengeksplorasi video sesuai keinginannya, tak bergantung pada posisi peletakan kamera saat merekam video. (rns/fyk)