BERITA TERBARU
Rabu, 02 Mei 2018 17:28 WIB

CEO WhatsApp Mundur, Siapa Penggantinya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jan Koum, pendiri dan CEO WhatsApp. Foto: Getty Images Jan Koum, pendiri dan CEO WhatsApp. Foto: Getty Images
Jakarta - Jan Koum telah menyatakan hengkang dari perusahaan layanan pesan instan yang dibuatnya, yakni WhatsApp. Pertanyaan selanjutnya, siapakah penggantinya?

Koum tak hanya menanggalkan posisinya sebagai CEO WhatsApp, tetapi juga turut mengundurkan diri dari kursi Dewan Facebook yang merupakan induk perusahaan WhatsApp usai diakuisisi pada 2014 lalu.

Anggota Dewan Facebook yang tersisa saat ini, antara lain CEO Facebook Mark Zuckerberg, COO Facebook Sherly Sandberg, Andressen Horowitz LLC Marx Andreessen, Pendiri Fund's Peter Thiel, General Catalyst's Kenneth I. Chenault, University of North Carolina's Erskine B. Bowles, University of California - San Francisco's Susan D. Desmond-Hellmann, dan CEO Netflix Reed Hastings.



Dewan Facebook saat ini memfokuskan diri untuk mencari pengganti Koum. Bila kriteria penggantinya adalah mereka karyawan lama di WhatsApp, di mana sudah ada di perusahaan sebelum diakuisisi Facebook 2014 lalu.

Dikutip detikINET dari Tech Crunch, Rabu (2/5/2018) dari kriteria tersebut, kandidat terkuat pun muncul, yaitu Neeraj Arora yang digadang-gadang bisa menduduki kursi CEO WhatsApp selanjutnya. Bahkan, nama Arora santer diberitakan di berbagai media, usai Koum mengundurkan diri kemarin.

Meski demikian, nama David Marcus juga muncul dari bursa sebagai penerus kursi CEO WhatsApp ini. Saat ini, David mengeban tugas sebagai Head of Messenger di Facebook.



Nama Zuckerberg tidak ada dalam isu untuk menduduki CEO WhatsApp. Hal ini sudah menjadi strategi Facebook untuk terus mempertahankan brand secara terpisah, seperti dilakukan Facebook dengan Instragram.


Pemisahan tersebut menjadi cara agar tidak penggunaan produk yang mendominasi dan juga membatasi ada serangan balik, jika ada masalah besar menimpa salah satu perusahaan.

(agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed