Jumat, 13 Apr 2018 11:49 WIB

Usai UN, Instagram Kemendikbud Dibanjiri Protes Siswa

Josina - detikInet
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) rampung dilaksanakan siswa-siswi tingkat Sekolah Menengah Atas baik negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Selama empat hari, terhitung mulai 9-12 April, mereka berjibaku dengan soal-soal pelajaran. Di hari pertama adalah ujian bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga bahasa Inggris dan hari terakhir Mata Pelajaran pilihan.

Menariknya, usai menjalani Ujian Nasional, akun resmi Instagram milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI @kemdikbud.ri dibanjiri protes siswa-siswi lantaran sulitnya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Dipantau detikINET di Instagram @kemdikbud.ri, Jumat (13/4/2018), salah satu postingan dari akun tersebut berisikan ribuan komentar keluhan, amarah bahkan ada juga yang menggelitik.

Banyak yang mengeluh, lantaran pertanyaan tidak sesuai dengan yang sudah dipelajari di sekolah. Khususnya, pada mata pelajaran Matematika dan Fisika, banyak yang frustasi dengan soal yang sangat rumit.

@nadyaafadhillahPak @kemdikbud.ri kemarin soal un saya masa ada yang ga ada jawabannya. Gimana nih pak kok buat soal tapi ga ada jawabannya

@nurrahmadhini Pak soal mtk berat kami gak kuat.. Saya belajar prediksi UN full tpi kok aku kecewa yaa...

@riidaelsaPAK MATEMATIKA SOALNYA SANGAT MEMBUAT KEMENG AKU SEPULANG SEKOLAH LANGSUNG DEMAM.

@ikasevi_ Kenapa materi UN yang keluar tidak sesuai dengn TO dan simulasi ya

@kanitanidael Pak masak saya kemaren UN binggris di tanyain gimana kalo margarin diganti minyak goreng.. begimana pak? Nih un begini udah lulus pinter masak semua nih

@iamfachri Banned aja yg buat soal

@ayupuspakSoalnya mantap pak. Saking mantapnya keluar dr kisi". Beda jauh sama TO dan simulasi. Soal ada yang gak lengkap keterangannya. Aku kudu piye ?

@dinda_deel Maaf pak, bagian soal yg gk saya kerjakan tanpa mencoba kami mengerjakan dengan klik indah heheeu, pdahall jika waktunya masih panjang saya pasti mampu, tapi saya ngerasa mngerjakan soal MTK berasa di kejar waktu heeeeuuu, di isian singkat menurut saya soal" nya juga sulit harusnya yg paling mudah

@tiara_awal @kemdikbud.ri bapak ata ibu admin saya sadar ini untuk kebaikan generasi bangsa, tetapi ini tidak sesuai dengan kisi-kisi yang ada. Tidak sesuai sama yang kami pelajari. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus tanam benih nya juga yang bagus dan Sesuaikan dengan Tanahnya dan iklim nya, sama saja jika benih unggul akan tetapi Faktor luar nya tidak mendukung. Terima kasih. #sayajugatidaktahusayaberkomentarapaini

@exotic18_ "Barangsiapa mempersulit urusan seorang muslim maka Allah akan mempersulit urusannya" (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

Menanggapi ribuan komentar dari siswa-siswi tersebut, akun Kemendikbud pun memposting pernyataan.

Terima kasih kepada #SahabatDikbud yang sudah menyampaikan masukan, kritikan, dan saran atas soal UN Matematika jenjang SMA. Mohon maaf, kami tidak dapat menjawab satu per satu. Tetapi semua ini akan kami sampaikan ke Panitia UN Pusat. Tetap Semangat, ya!."

(jsn/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed