Sabtu, 07 Apr 2018 15:45 WIB

Arahkan Pengemudi ke Jalan Curam, Waze Diprotes

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Google Maps Foto: Google Maps
Los Angeles - Aplikasi navigasi Waze kembali mendapat protes dari masyarakat di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Aplikasi ini dinilai telah memberikan informasi yang sesat kepada pengendara sampai-sampai bikin celaka dan merepotkan penghuni sekitar.

Siapapun pasti ingin menghindari kemacetan. Karena alasan itu, sejumlah pengendara di Los Angeles ini kemudian menyerahkan urusan navigasi kepada Waze, dengan maksud mencari jalan pintas yang bebas hambatan.

Menuruti perintah pengguna, Waze pun kemudian mengarahkan pengemudi menuju Baxter Street, sebuah jalan di kawasan pemukiman Echo Park yang disebut sebagai jalanan paling landai di AS. Menurut informasi, jalanan ini memiliki tingkat kelandaian 30%.


Tingkap kelandaian itu membuat Baker Street lebih curam dari Lombard Street di San Francisco sekalipun, demikian dikutip detikINET dari Gizmodo, Sabtu (7/4/2018).

Karena kondisi jalanan yang sangat curam, tak jarang dari pengemudi yang mengalami kecelakaan ketika melintasi jalanan tersebut yang pada akhirnya mengganggu warga sekitar. Jason Luther, salah seorang warga sekitar memaparkan beberapa kejadian yang dialaminya belakangan.

"Mobil masuk ke kebun kami, melewati pagar, dan terbalik di belakang rumah kami," ujarnya. Senada dengan Jason, Robbie Adams yang juga warga sekitar mengatakan bahwa tidak banyak orang yang bisa melewati jalanan curam itu.

Begini curamnya Baker Street.Begini curamnya Baker Street. Foto: KTLA

"Karena itu terlalu curam, dan mereka tidak tahu bagaimana mengemudi. Jadi, mereka berhenti dan mencoba untuk mundur, dan itu mengacaukan orang yang di belakangnya," katanya.

Meski sudah mencoba untuk memproteskan hal ini kepada pihak Waze, Adams malah mendapat balasan yang tak diharapkan. "Mereka berkata mereka tidak bisa melakukannya karena melibatkan perubahan pada algoritma di aplikasi dengan cara yang aneh," ungkapnya.


Adams dan beberapa warga di sekitar Baker Street melayangkan surat kepada Waze untuk menghapus saran menuju Baker Street sebagai rute alternatif, mengingat jalanan tersebut berbahaya terlebih ketika hujan.

Ini bukan pertama kalinya Waze diprotes masyarakat di AS. Layanan milik Google ini juga pernah diprotes warga California lantaran mengarahkan pengemudi ke pemukiman yang akhirnya mengganggu penghuni. Waze juga dikenal kerap menyesatkan pengguna, sampai-sampai ada yang tercebur ke danau. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed