Ojek Online Geruduk Istana, Bos Grab Angkat Bicara

Ojek Online Geruduk Istana, Bos Grab Angkat Bicara

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 27 Mar 2018 17:05 WIB
Massa ojek online berdemonstrasi. Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Massa driver ojek online melangsungkan demonstrasi di kawasan Istana Negara, Medan Merdeka, Jakarta Pusat siang ini dan ditemui Presiden Joko Widodo. Grab Indonesia, yang drivernya ikut dalam demonstrasi, menyampaikan tanggapan terkait aksi tersebut.

Disampaikan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, pihaknya tidak melarang mitra drivernya menyuarakan pendapat mereka.

"Grab menghargai hak setiap warga negara, termasuk para mitra pengemudi, untuk menyampaikan pendapat selama dilakukan secara damai dan dalam koridor hukum dan peraturan yang berlaku," kata Ridzki saat dihubungi detikINET, Selasa (27/3/2018).



Imbauan ini sudah disampaikan Grab melalui pesan instant yang dibroadcast ke seluruh mitra driver GrabBike sebelum mereka berdemo. Meski demikian, Grab menganjurkan agar ke depannya, dalam menyampaikan aspirasi, mitra driver bisa memanfaatkan jalur komunikasi yang telah disediakan Grab.

"Grab selalu membuka jalur komunikasi dua arah secara rutin untuk menerima aspirasi, umpan balik dan masukan dari para mitra pengemudi, baik melalui pertemuan tatap muka seperti forum dan kunjungan ke basecamp para mitra, maupun akun media sosial, blog bahkan membuka grup pesan instan antara mitra pengemudi dan tim operasional Grab," terang Ridzki.

Grab Tanggapi Aksi Ojek Online Geruduk IstanaMassa driver ojek online melakukan long march menuju Istana Negara. Foto: Agung Pambudhy/detikcom


Dalam kesempatan yang sama, Ridzki juga menyampaikan penghargaan pada mitra pengemudi yang selama ini bekerjasama dengan Grab, dan berjanji meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Kami menghargai kerja keras para mitra pengemudi dan terus berinovasi demi meningkatkan kesejahteraan para mitra pengemudi yang tergabung dalam platform kami. Bersama mereka akan melanjutkan upaya perwujudan misi-misi kami, termasuk komitmen kami untuk meningkatkan taraf hidup mitra pengemudi Grab," janjinya.

Video 20Detik: Ilusi Kemitraan Ojek Online

[Gambas:Video 20detik]




Sebelumnya diberitakan, massa ojek online yang terdiri dari pengemudi Go-Jek, Grab dan Uber melangsungkan demo di sekitar kawasan Istana Negara, Medan Merdeka, Jakarta Pusat siang ini.

Rasionalisasi tarif menjadi alasan mereka dalam melakukan aksi tersebut. Selain itu, massa driver ojek online juga menuntut legalitas dari angkutan kendaraan roda dua di dalam platform ride sharing yang beroperasi di Indonesia. (rns/rou)